nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramai Jerinx 'SID' vs Via Vallen, Pee Wee Gaskins Contohkan Cara Cover Lagu Musisi Lain

Hana Futari, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 16:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 23 205 1981833 ramai-jerinx-sid-vs-via-vallen-pee-wee-gaskins-contohkan-cara-cover-lagu-musisi-lain-djVLikBxm0.jpg Pee Wee Gaskins (Foto: Hana/Okezone)

JAKARTA - Belum lama ini, penyanyi dangdut Via Vallen terlibat perseteruan dengan Jerinx, drummer grup musik Superman Is Dead (SID). Permasalahan itu terjadi lantaran Via Vallen membawakan lagu SID secara off air tanpa izin sebelumnya.

Baca Juga: Usung Aroma 90-an, Pee Wee Gaskins Recycle Lagu Potret

Membawakan ulang lagu milik musisi lain juga dilakukan oleh grup musik Pee Wee Gaskins. Bahkan, lagu-lagi tersebut mereka buat menjadi mini album bertajuk Salute To 90's.

Berbeda dengan Via Vallen, Pee Wee Gaskins sebelumnya telah meminta izin kepada musisi yang bersangkutan. Oleh sebab itu, lewat Salute to 90's, Pee Wee Gaskins berniat memberi contoh cara meminta izin yang baik.

Pee Wee Gaskins

"Kita Pee Wee Gaskins memberi contoh minta izin bawain lagu orang yang baik itu seperti apa," ujar Dochi Sadega saat ditemui di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2018).

Proses demi proses pun harus dilalui oleh Pee Wee Gaskins untuk meluncurkan album ini, termasuk proses perizinan. Kendati demikian, para personel tidak merasa disulitkan dengan prosedur tersebut.

"Sebelum ngerjain proyek ini, kita dikasih list dulu nih sama label. Kalau misalnya disuruh recycle lagu 90an kita mau apa nih, jadi kita tulis listnya, dari list itu dipelajari sama label. Lalu pihak label ketuk sana sini (minta izin pemilik lagu), kita juga ikut izin," terang Dochi.

Setelah lagu daur ulang tersebut selesai diaransemen ulang, pihak Pee Wee Gaskins pun memperdengarkan kepada para musisi bersangkutan. Setelah tak ada masalah, baru lah mereka mengeluarkan lagu tersebut.

Pee Wee Gaskins

Sementara itu, menurut Aldy penabuh drum Pee Wee Gaskskins, permintaan izin juga menjadi sarana silaturahmi antar para penggiat musik. Hal tersebut juga sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia.

"Kalau kita lihat, label lebih ke legalnya. Tapi kalau kita lebih ke silaturahminya. Sama yang punya lagu, kita sesama musisi ada permisinya dulu. Itu lebih cocok sama budaya kita di sini," sambung Aldy.

Baca Juga: Foto Seksi dengan Mario Lawalata, Maria Selena Didoakan Berjodoh

Seperti diketahui, pada pertengahan tahun 2018 lalu, Pee Wee Gaskins merilis sebuah mini album yang berisikan lagu-lagu recycle. Dalam album tersebut, Pee Wee Gaskins membawakan lagu di antaranya, Salah milik Potret, Dan Sheila On7, Kangen dari Dewa 19.

(LID)

BERITA FOTO
+ 8

Melalui Label Sendiri 507 Records, Sheila On 7 Memulai Peruntungan di Dunia Musik

Band yang beranggotakan Duta, Eross, Adam dan Brian ini baru saja meluncurkan single terbaru "Film Favorit".

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini