nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Anies Baswedan Turut Hadiri Festival Pesona Lokal Jakarta

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 13:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 11 33 1976226 gubernur-anies-baswedan-turut-hadiri-festival-pesona-lokal-jakarta-wYatfDuPov.jpg Anies Baswedan (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Festival Pesona Lokal digelar untuk pertama kalinya di Area Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (11/11/2018). Jakarta dipilih menjadi kota terakhir sebagai penutup kegiatan yang diisi dengan parade karnaval budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, dan lomba UMKM hingga pasar rakyat yang diikuti lebih dari 10.000 peserta ini.

Baca Juga: Durasi Tayang Terungkap, Avengers 4 Jadi Film Terpanjang MCU?

Acara yang diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance yang ke-28 ini, diketahui juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal daerah.

"Terima kasih kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya, atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa pada acara hari ini. Jakarta merupakan kota penutup dari rangkaian 9 kota kegiatan Festival Pesona Lokal. Antusiasme yang ditujukan seluruh peserta dan masyarakat Jakarta tidak kalah meriah dan seru dengan kota-kota sebelumnya," ujar Hafid Hadeli, selaku Direktur Utama Adira Finance.

Festival Pesona Lokal Jakarta

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu demi terlaksananya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman, dan tertib, sampai akhir rangkaian kegiatan ini," sambungnya.

Sebelum kegiatan ini digelar dan ditutup di Jakarta, beberapa daerah seperti Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, dan Palembang juga menjadi lokasi Festival Pesona Lokal. Bahkan acara tersebut diketahui berlangsung sejak September 2018 lalu.

Berlangsung pada pukul 06.00 hingga 15.00 WIB nanti, acara yang dibuka oleh Direktur Utama Adira Finace, Hafid Hadeli tersebut mendapat apresiasi cukup besar dari masyarakat. Tak tanggung-tanggung, acara ini juga sempat dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Anies Baswedan di Festival Pesona Lokal Jakarta

"Tadi kita saksikan karya-karya seni yang umumnya tidak kita lihat dalam keseharian, ini terobosan-terobosan yang kita butuhkan dan secara khusus sangat saya dukung karena acaranya tidak di satu kota saja. Jakarta terakhir dan paling besar," kata Anies.

"Kenapa di banyak kota, karena talent pull kita ada banyak, dan di 9 kota yang diselenggarakan ini, saya berharap nanti akan bisa dilakukan rutin supaya mulai sekarang pun mereka bersiap-siap untuk festival tahun depan. Jadi kita tadi menyaksikan bnyak yang terlibat dan mudah-mudahan makin besar lagi," sambung Anies.

Dibuka dengan ratusan penari Ondel-Ondel, fashion show, dan dilanjutkan dengan parade Karnaval Budaya yang diikuti lebih dari 7500 peserta. Para peserta yang berasal dari Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi-Serang (Jabodetabekser) bahkan tampik dengan keveragaman baju adat dsn musik tradisional, tak lupa dengan pertunjukkan seni khas Betawi.

Festival Pesona Lokal Jakarta

Sepanjang 3,8 KM, para peserta karnaval Budaya diketahui berkeliling dengan menggunakan pakaian dan budaya khas. Para peserta juga berjalan melewati jalan Maltatuli, keliling Jalan Jendral Sudirman, dan kembali ke area Parkir Selatan GBK.

Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku dan juga lomba kreasi masakan dengan tema semur jengkol, juga akan turut meramaikan Festival Pesona Lokal hari ini. Selain itu terdapat pula lomba UMKM dimana tiga terbaik akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Para pecinta fotografi juga mendapatkan kesempatan memenangkan hadian uang tunai jutaan rupiah dengan mengikuti foto di akun Instagram hingga pukul 13.00 WIB nanti. Temtunya dengan syarat memfollow akun Instagram @adirafinaceid dan Facebook Adira Finance dengan hastag #AdiraFinaceID #FestivalPesonaLokal, dan #FestivalPesonaLokalJKT.

Festival Pesona Lokal Jakarta

Tak hanya perlombaan beberapa acara hiburan dari artis ibukota pun akan turut digelar. Sebut saja Via Vallen dan Judika, yang diketahui akan ikut memeriahkan acara hari ini.

Acara ini bahkan menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Karnaval Budaya Secara Seri di Lokasi Terbanyak. Penghargaan tersebut bahkan diserahkan langsung oleh oendiri sekaligus Direktur Utama MURI, Jaya Suprana.

Baca Juga: Babymoon ke Jepang, Perut Raisa Bikin Salfok

Tak hanya itu, penghargaan khusus yakni Kota Paling Mempesona dari Kementerian Pariwisata, Adira Finance, dan iNwes juga akan diberikan. Bahkan penganugerahan tersebut akan disiarkan pada program Indonesia Award di iNews TV pada 15 November 2018 mendatang.

(LID)

BERITA FOTO
+ 5

Konser Kebudayaan untuk Percepatan Pemulihan Korban Gempa Palu

Musisi Tompi saat meramaikan konser Amal dan Budaya untuk masyarakat Palu, Sigi, dan Donggala, di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 26 Oktober 2018 malam.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini