nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cinta Seni Bela Diri, Opick Ingin Bangun Museum Senjata Tradisional

Alan Pamungkas, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 14:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 29 33 1970397 cinta-seni-bela-diri-opick-ingin-bangun-museum-senjata-tradisional-FsuZrhQEDg.jpg Opick (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kecintaan Opick pada dunia seni tak perlu diragukan lagi. Selain bernyanyi, Opick rupanya juga begitu mencinta seni bela diri. Sewaktu muda, Opick kerap keluar masuk perguruan dan mencoba berbagai macam seni bela diri.

Namun kini Opick jatuh hati pada pencak silat. Dirinya bersama dengan teman perguruan lain membuat perkumpulan Seni Golok Indonesia. Untuk menunjukkan kecintaanya, Opick pun menggelar kompetisi seni bermain golok sebagi salah satu jurus dalam pencak silat.

Baca Juga: Ungkapan Mengejutkan Putri Hotman Paris Lihat Ayah Dekat dengan Wanita

Baca Juga:  Ramai Isu Pernikahan Maia Estianty, Al Ghazali Beri Doa dan Ucapan Selamat

Opick

Di sela-sela kompetisi Seni Golok Indonesia yang dihadiri dari 120 perguruan di 15 provinsi, Opick pun menjelaskan tujuan dari acara ini adalah murni untuk kembali memperkenalkan pencak silat kepada anak muda Indonesia. Bahwa Indonesia memiliki seni bela diri yang indah dengan segudang filosofi.

"Saya suka bela diri sejak kecil. Sering pindah-pindah perguruan juga. Nah goals dari turnamen ini, kita mencoba mengangkat budaya dan keindahan gerak, dan semua gerak ada filosofinya. Anak muda bisa belajar seni bela diri dan bisa menjaga keluarga kampung dan negaranya," jelas Opick.

Golok pun menjadi salah satu senjata yang membuat Opick jatuh hati. Ia pun berencana membawa golok kepada dunia. Opick selaku Ketua Umum Seni Golok Indonesia pun telah bertemu UNESCO untuk menjadikan golok sebagai daftar warisan budaya tak benda dunia.

"Tujuan untuk melestarikan pencak silat lewat golok yang merupakan senjata asli Indonesia. Kita berusaha untuk mengajukan bahwa golok adalah warisan dunia," ujar Ki Kumbang, Guru Besar Seni Golok Indonesia.

Tak cuma itu Opick dkk pun telah menginventarisir berbagai golok Indonesia. Rencananya Opick akan membuat museum senjata tradisional Indonesia. Dalam pengumpulan itu, telah ditemukan ada golok yang telah berusia 800 tahun. Bahkan ada golok yang terbuat dari material aneh seperti meteorit.

"Di rumah saya banyak senjata dan golok. Saya dan teman-teman telah mengumpulkan sekarang masih tahap untuk mengumpulkan berbagai senjata khususnya tradisional di seluruh Indonesia," tutup Opick.

(aln)

BERITA FOTO
+ 7

Lagi! Pundi-Pundi Emas untuk Indonesia dari Cabor Pencak Silat di Asian Games 2018

Tim silat Indonesia peraih medali emas Pramudita Yuristya (kiri), Lutfi Nurhasanah (tengah) dan Gina Tri Lestari (kanan) berpose usai upacara penyerahan medali nomor beregu putri pencak silat seni Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu 29 Agustus 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini