Sangkakala Hadirkan Sentuhan Tradisi Lokal Yogyakarta dalam Musik Metal

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 27 205 1969835 sangkakala-hadirkan-sentuhan-tradisi-lokal-yogyakarta-dalam-musik-metal-k7XTWv3EHU.jpg Sangkakala di JogjaROCKarta (Foto: Rena/Okezone)

YOGYAKARTA - Sangkakala band menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran JogjaROCKarta Festival #2 di Stadion Kridosono, Yogyakarta pada Sabtu 27 Oktober 2018.

Sebagai musisi lokal yang datang dari Bantul, Sangkakala bukan hanya sekadar menampilkan musik metal mereka, namun juga memberikan sentuhan lokal khas Yogyakarta.

Baca Juga: Jawab Undangan Megadeth, Jokowi Siapkan Kejutan di JogjaROCKarta

Melalui opening art, Sangkakala menghadirkan beberapa pria yang menyerupai prajurit keraton, lengkap dengan pakaian hingga panji kebesaran Sangkakala. Bukan hanya itu, mercon berwarna warni juga menghiasi penampilan Sangkakala.

Dikatakan oleh Baron sang vokalis, hal itu memang dilakukan sebagai siasat jitu untuk mengenalkan tradisi lokal dan menarik perhatian massa.

Sangkakala di JogjaROCKarta

"Sisipan itu sebagai gimmick untuk massa. Bagaimana kita memanfaatkan keterbatasan menjadi sesuatu seni yang juga sekaligus menunjukkan ini lho musisi lokal Yogyakarta," kata Baron.

Sempat ditawari untuk opening art yang lebih modern, namun grup yang digawangi oleh 5 personel ini menolaknya. "Enggak bisa, semua berkaitan dengan soul," lanjut Baron.

Sangkakala di JogjaROCKarta

Selain itu, hal menarik lain dari penampilan Sangkakala adalah lagu yang diciptakan merupakan hasil dari menyatukan suara-suara penonton. "Celotehan mereka itu menginspirasi kami dalam menciptakan lagu," kata Baron.

Dijelaskan oleh sang vokalis jika apa yang mereka lakukan menjadi ciri khas tersendiri. Mereka menganggap penggemarnya bukan hanya sekadar penonton tapi juga inspirasi.

Baca Juga: Kekasih Dibilang Jelek, Begini Respons Pacar Mumuk Gomez

Sangkakala adalah band yang terbentuk di Bantul, Yogyakarta. Mereka pertama kali merilis album bertajuk 'Heavymetalitichum’ pada tahun 2013 dengan gaya live. Formasi Sangkakala saat ini Baron Capulet Araruna a.k.a Hendra “Blankon” Priyadhani (Vocal), Ikbal S. Lubis (gitar), Riono Tanggul Nusantara a.k.a Tatsoy (drum) dan Rudy “Atjeh “ Dharmawan (bass).

(LID)

BERITA FOTO
+ 3

Band Rock Asal Irlandia The Script Ramaikan Road to Grand Final Indonesian Idol 2018

Vokalis band The Script Danny O'Donoghue bernyanyi saat Road to Grand Final Indonesian Idol di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini