nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alami Retinopati, Putra Cynthia Lamusu Harus Kenakan Kacamata Sejak Usia Dini

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 08:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 33 1963428 alami-retinopati-putra-cynthia-lamusu-harus-kenakan-kacamata-sejak-usia-dini-wMW463QrzP.jpg Cynthia Lamusu (Foto: Okezone)

JAKARTA – Putra pasangan suami istri Cynthia Lamusu dan Surya Saputra, Atharva Bimasena Saputra mengalami kelainan mata yang disebut dengan retinopati. Akibat dari kelainan mata tersebut, Bima harus menggunakan kacamata di usianya yang belum menginjak dua tahun.

Kondisi sang putra dibagikan oleh Cynthia melalui akun Instagram anak kembarnya @tatjanadanbima yang ia kelola. Dalam unggahan tersebut, ibu 2 anak itu mengunggah foto sang putra yang mengenakan kacamata dengan bingkai berwarna biru.

Melengkapi unggahannya, wanita 40 tahun tersebut menuliskan sebuah keterangan. Ia pun menceritakan apa yang terjadi kepada sang putra hingga harus mengenakan kacamata. Menurut Cynthia, hal tersebut berhubungan dengan riwayat kelahiran Bima yang prematur.

- Baca Juga: Cynthia Lamusu Rugi Belasan Juta Rupiah Ditipu Oknum Personal Trainer

“Semua sudah tahu ya kalu Tatjana dan Bima lahir prematur di usia kandungan saya baru 33 minggu. Bayi prematur itu sangat berisiko terkena ROP (retinopathy of prematur),” tulis Cynthia mengawali certianya, Jumat (12/10/2018) seperti dikutip Okezone dari Instagram putra dan putrinya.

View this post on Instagram

" #BIMA kok Pakai Kacamata...? Itu Kacamata Gaya "an Aja Atau Kacamata Beneran..? " . . Semua Sudah Tau ya... Kalau @tatjanadanbima Terlahir Prematur di usia Kandungan saya baru 33 minggu (harusnya yg normal min 37 minggu ) Naaah.... bayi Prematur itu sangat Beresiko terkena ROP (Retinopathy of prematurity) >> Apa Itu ROP atau retinopati prematuritas....? Adalah gangguan mata yang berpotensi membutakan. Kondisi ini terutama terjadi pada bayi prematur dengan berat sekitar 1250 gram atau kurang, yang lahir sebelum minggu ke-31 kehamilan (jangka waktu kehamilan yang dianggap cukup bulan adalah 38-42 minggu). Semakin kecil bayi ketika lahir, semakin besar kemungkinannya untuk terkena ROP. Gangguan ini—yang biasanya mengenai kedua mata—adalah salah satu penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan pada usia dini dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan seumur hidup dan kebutaan.) . Bima dari Hasil screening Mata nya saat dia masih di Nicu dulu (screening dan Tindakan harus secepat cepatnya atau maksimal di bawah usia 2 bln) ternyata Kondisi Mata nya Terdiagnosa : AP ROP. >>>> Apa Itu AP ROP (Retinopati posterior agresif prematuritas (AP-ROP) adalah bentuk ROP yang parah dan langka yang ditandai dengan perkembangan cepat ke stadium lanjut dengan neovaskularisasi datar di zona 1 atau zona 2 . Sebelumnya, AP-ROP disebut sebagai ROP tipe II atau ROP tipe terburu-buru. Jenis penyakit mata ini memiliki karakteristik sebagai berikut:lokasi posterior lebih; perkembangan pesat, daripada melalui tahap klasik 1–5; dan prognosis buruk meskipun terapi dini. AP-ROP umumnya terjadi pada bayi prematur (usia kehamilan [GA] <28 minggu) dan BBLR (<1.000 g) . . (Cerita FlashBack yaa...) Pada saat Itu solusi nya Bima langsung di berikan Tindakan Khusus dari Dokter Ahli Mata yang Menangani nya (karena harus secepatnya kalau ga bisa terjadi Kebutaan) . Alhamdulillah.... Hasil Dari Tindakan nya Itu berhasil. Ada reaksi Baik dari Mata Bima. Jadinya Bima terhindar dari Kebutaan. Tapi Efek samping nya adalah Dia Harus memakai Kacamata. Mulai pakai kaca mata di usia 18 bln. . Gimana Tapi Bima tetap Ganteng kan Om tante pakai Kacamata? Doain Bima sehat Terus ya... . #BimadanKacamata

A post shared by TatjanadanBima Official (@tatjanadanbima) on

“Dari hasil screenig matanya Bima saat dia masih NICU dulu ternyata kondisi matanya terdiagnosa AP ROP (Retinopati posterior agresif prematuritas). Ini merupakan kondisi parah dan langka dan ditandai perekembangan cepat ke stadium lanjut,” lanjut pesonel grup vokal B3 ini.

Dengan kondisi Bima yang seperti itu, sebuah solusi pun diberikan oleh dokter spesialis mata. Meskipun kondisi mata Bima menunjukan perkembangan ke arah yang lebih baik, namun balita itu harus tetap menggunakan kacamata di usianya yang masih belia.

“Pada saat itu solusinya Bima langsung diberikan tindakan khususdari dokter ahli mata yang menanganinya karena harus secepatnya kalau tidak bisa terjadi kebutaan,” lanjut Cynthia.

“Alhamdulillah hasil dari tindakannya itu berhasl. Ada reaksi baik dari mata Bima. Jadi Bima terhindar dari kebutaan. Tapi efek sampingnya adalah dia harus memakai kacamata. Bima mulai pakai kacamata di usia 18 bulan,” pungkasnya.

(edh)

BERITA FOTO
+ 12

Ramadan, Surya Saputra & Cynthia Lamusu Saling Ingatkan Beribadah

Surya Saputra dan Cynthia Lamusu di Komplek MNC, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis 3 Juli 2014.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini