nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunto Aji Rutin Sambangi Psikolog selama 3 Tahun Terakhir, Ada Apa?

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 23:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 13 33 1950143 kunto-aji-rutin-sambangi-psikolog-selama-3-tahun-terakhir-ada-apa-2ndAYyYik8.jpg Kunto Aji. (Foto: Instagram/@kuntoajiw)

JAKARTA - Musisi Kunto Aji mengaku, rutin mengunjungi psikolog untuk sekadar bertukar pikiran. Hal itu, menurut dia, telah dilakukannya sejak 3 tahun terakhir.

Ternyata, berkonsultasi ke psikolog diakui Aji cukup membantunya menyelesaikan berbagai permasalahan. Pelantun Terlalu Lama Sendiri itu mengaku, kepribadiannya yang tertutup menyulitkannya untuk mengutarakan isi hati.

Baca juga: Foto Telanjang Tersebar, Kendall Jenner Malah Asyik Berkuda

“Jujur, saya itu orangnya introvert. Jadi memang butuh orang lain untuk membantu mengeluarkan isi hati,” kata Aji saat ditemui di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, pada Kamis (13/9/2018).

Aji mengaku, tak malu membeberkan fakta bahwa dia rutin berkonsultasi ke psikolog. Pasalnya, orang-orang yang menemui psikolog tak melulu mengalami gangguan mental.

“Kadang orang bilang, ‘Oh, dia ke psikolog karena enggak waras ya?’. Padahal bukan itu. Kalau kamu merasa kuat untuk menyelesaikan masalah sendiri ya silakan. Tapi seandainya tidak, ada kok mereka (psikolog) yang mau membantu,” jelas Aji.

Ketika ditanya masalah apa yang pernah menimpa dirinya, pelantun Konon Katanya itu enggan membahas lebih lanjut. Aji hanya bersyukur, musik bisa menjadi salah satu caranya untuk menumpahkan emosi.

Baca juga: Terima Lakon Feminis, Jung Yu Mi Tuai Kritik Publik

“Bermusik adalah salah satu self healing untuk saya. Jadi selama ini, lagu-lagu yang saya ciptakan sebagian besar memang berdasarkan pengalaman pribadi,” ungkapnya.

Di masa depan, jebolan ajang Indonesian Idol 2008 itu berharap agar mereka yang memiliki masalah tak merasa tabu untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog. “Kalian akan merasa lega setelah mengeluarkan unek-unek kepada orang lain. Tidur jadi nyenyak dan makan pun enak,” paparnya.

(SIS)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini