nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Winnie The Pooh, Film Christopher Robin Tak Boleh Tayang di China

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 12:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 07 206 1932923 gara-gara-winnie-the-pooh-film-christopher-robin-tak-boleh-tayang-di-china-jJe04Iu8Sn.jpg Film Christopher Robin (Foto: Disney)

LOS ANGELES - China merupakan salah satu pasar film paling penting di seluruh dunia. Tidak terlepas bagi Disney, yang telah sukses menjual beberapa film besar seperti Star Wars dan beberapa film animasi di pasar tersebut.

Sayangnya, salah satu film andalannya saat ini, yakni Christopher Robin, harus rela tak tayang di negara berjuluk Negeri Tirai Bambu tersebut. Pihak Pemerintah China telah mengeluarkan larangan tayang untuk film ini beberapa hari lalu.

Yang aneh, larangan penayangan film spinoff dari film kartun Winnie The Pooh tersebut pun tidak disertai dengan alasan yang jelas. Para penggemar film tersebut di China pun mengaku sedih dengan adanya larangan tersebut.

Disitat BBC, Selasa (7/8/2018), sensitifitas China terhadap film ini dimulai pada 2013 lalu. Para warganet baik di China maupun di luar China sempat membandingkan Presiden Xi Jinping dengan Winnie the Pooh.

Baca juga: Ternyata, Riasan Tasya Kamila saat Resepsi Pernikahan Terinspirasi dari Betty Boop

Salah satu foto yang membuat dirinya geram adalah saat warganet memposting gambar perbandingan saat dia bersama Barack Obama, dengan sebuah gambar Winnie the Pooh dan Tiger.

Selanjutnya, pada 2014 kejadian ini terulang kembali. Kali ini, foto Xi sedang berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dibandingkan dengan gambar Winnie the Pooh dan Eeyore.

Alhasil, Xi Jinping pun murka dengan hal tersebut. Dia pun kemudian melakukan beberapa langkah tegas untuk menghentikan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan pemblokiran seluruh gambar online Winnie the Pooh di China.

Baca juga: Bantu Korban Gempa, Melanie Subono Sindir Artis yang Pamer Kemewahan

Tak sampai di situ saja, Xi pun kembali dibuat geram pada 2015. Pada saat itu, muncul gambar yang menampilkan dirinya mengendarai sebuah motor dengan kereta gandeng, yang diisi dengan Winnie the Pooh.

Foto tersebut kemudian menyandang predikat ‘foto paling disensor China’ oleh perusahaan analisis politik Global Risk Insights.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini