Share

Menggiurkan, Penghasilan Para DJ Ternama Dunia Ini Capai Rp600 Miliar!

Siska Maria Eviline, Okezone · Jum'at 03 Agustus 2018 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 02 205 1931049 menggiurkan-penghasilan-para-dj-ternama-dunia-ini-capai-rp600-miliar-4nylrjhZ3j.jpg Calvin Harris. (Foto: Shutterstock)

LOS ANGELES – Profesi ini dahulu identik dengan diskotek dan gemerlap dunia malam. Namun siapa sangka, kemahiran memainkan turntable malah menggemukkan pundi-pundi para artisnya. Kini, para disk jockey (DJ) memiliki penggemar fanatik yang selalu mengisi penuh setiap konser-konser mereka di berbagai negara.

Huffington Post bahkan mengklaim, profesi sebagai DJ adalah salah satu profesi utama dalam masyarakat modern. Para DJ selalu memimpin sederet konser, festival musik, hingga klub-klub malam mewah.

Untuk bisa memiliki penggemar fanatik, para DJ ini wajib memiliki musikalitas mumpuni untuk ‘meracik’ genre musik berbeda. Mereka juga harus mampu menghidupkan suasana dan membuat para clubbers berjingkrak.

Di luar itu, perlengkapan nge-DJ juga tak murah. “Oh, kau tak akan bisa bayangkan betapa besar biaya yang dikeluarkan seorang DJ di setiap pertunjukannya. Ini tak seperti dahulu yang mana kau hanya butuh laptop dan turntable,” kata DJ Zedd dalam wawancaranya dengan Forbes.

Maka tak heran, jika jasa seorang DJ dibanderol selangit. Bahkan Forbes, kembali merilis daftar para DJ berpenghasilan tertinggi di dunia pada tahun ini. Mau tahu siapa saja mereka dan berapa besar penghasilan mereka? Ini ulasannya untuk Anda.

#1. Calvin Harris

DJ, penyanyi, pencipta lagu, dan produser asal Skotlandia ini mendominasi daftar ‘DJ Berpenghasilan Terbesar di Dunia’ sejak tahun 2012. Kala itu, Forbes mencatat, penghasilan Calvin mencapai USD46 juta atau setara dengan Rp644 miliar. Kini, setelah 6 tahun berlalu penghasilan Harris mencapai USD48 juta atau sekitar Rp672 miliar. Sekadar informasi, ini merupakan gelar keenam sepanjang 6 tahun berturut-turut untuk Harris.

Pemilik lagu One Kiss tersebut, memulai karier musik profesionalnya dengan bergabung bersama agensi Three Six Zero Group pada 2006. Kemudian pada Juni 2007, dia merilis album debut ‘I Created Disco’. Sebagai album debut, performa ‘I Created Disco’ cukup baik. Ia sempat duduk di peringkat delapan Tangga Album Inggris dan posisi ke-19 dalam chart Top Electronic Albums Billboard.

Ketika Harris merilis ‘Ready for the Weekend’ pada Agustus 2009, album itu melesat ke puncak Tangga Album Inggris. Pada 2011, musisi 34 tahun itu digandeng Rihanna dalam ‘Loud Tour’. “Aku rasa, Calvin Harris adalah pilihan sempurna untuk tur ini. Dia membawa sesuatu yang unik dan menyenangkan untuk fans,” kata Rihanna kala itu.

Saat ini, Harris tercatat sebagai satu-satunya DJ yang berhasil masuk dalam daftar ’50 Selebriti Berpenghasilan Tertinggi di Dunia’.

Baca juga: Tiket Konser Day6 di Jakarta Dibanderol Mulai Rp1 Juta

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

#2. The Chainsmokers

Duo DJ yang terdiri dari Alex Pall dan Andrew Taggart ini, tak hanya berada di peringkat kedua ‘DJ Berpenghasilan Tertinggi di Dunia’ dengan pundi-pundi mencapai USD45,5 juta (Rp637 miliar). Mereka juga sukses merangsek ke posisi 59 ‘Selebriti Terkaya di Dunia 2018’ yang dirilis Forbes belum lama ini.

Silsilah The Chainsmoker dimulai pada 2012. Kala itu, duo Pop-EDM itu dibentuk oleh Pall dan mantan rekannya, DJ Rhett Bixler. Duo itu kemudian bertransformasi di bawah manajemen Adam Alpert. Saat itulah, Pall dikenalkan dengan Taggart oleh Alpert.

Formasi baru tersebut kemudian merilis #Selfie secara gratis ke pasaran, pada Desember 2013. Keduanya tampil bareng untuk pertama kali pada Timeflies, sekitar September 2014. Tahun ini, kontrak eksklusif The Chainsmokers dengan Wynn Nightlife akan berakhir setelah berjalan selama 3 tahun.

“Aku penasaran, apa yang akan terjadi dengan The Chainsmokers selanjutnya,” ungkap Alex Pall.

#3. Tiesto

Sebenarnya dalam 5 tahun terakhir, penghasilan Tiesto tak bergerak terlalu banyak. Pada 2013, Forbes mencatat, DJ asal Belanda itu mengumpulkan pendapatan sebesar USD32 juta dan menempatkannya di peringkat kedua ‘DJ Berpenghasilan Tertinggi di Dunia’ kala itu.

Sementara dari 150 pertunjukan yang dilakoninya sepanjang 2017, Forbes mencatat, Tiesto mengumpulkan USD33 juta (Rp462 miliar). Setidaknya, penghasilan itu membuatnya mampu mengamankan posisi ‘Top 3’ tahun ini.

Melansir Forbes, kolaborasi Tiesto dengan Post Malone dalam Jackie Chan membuatnya masih diminati para pencinta musik EDM. Selain itu, dia juga tercatat memperpanjang kontrak pertunjukan residensinya bersama Hakkasan hingga tahun 2020.

Selain ketiga DJ populer di atas, berikut adalah daftar 10 besar ‘DJ Berpenghasilan Tertinggi di Dunia’ seperti dilansir dari Forbes:

1. Calvin Harris USD48 juta

2. The Chainsmokers USD45,5 juta

3. Tiesto USD33 juta

4. Steve Aoki USD28 juta

5. Marshmello USD23 juta

6. Zedd USD22 juta

7. Diplo USD20 juta

8. David Guetta USD15 juta

9. Kaskade USD13,5 juta

10. Martin Garrix USD13 juta

Baca juga:  Comeback, iKON Pasang Killing Me sebagai Lagu Andalan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini