nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

21st Century Fox Terima Pinangan Disney Sebesar Rp1.000 Triliun

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 30 206 1929324 21st-century-fox-terima-pinangan-disney-sebesar-rp1-000-triliun-tc3w6CoLpj.jpg Foto: Variety

LOS ANGELES - Disney kini menjadi salah satu rumah produksi terbesar di dunia. Hal ini dikarenakan beberapa hari yang lalu, Disney telah menyelesaikan pembelian saham dari 21st Century Fox dengan harga yang fantastis.

Pembelian yang sudah dibahas selama beberapa bulan tersebut pada akhirnya rampung setelah Disney menyetujui harga pembelian aset-aset utama 21st Century Fox. Kabarnya, Disney diwajibkan membayar USD71,3 miliar (sekira Rp1.027 triliun).

Pembahasan ini dilakukan oleh para pemegang saham Jumat (27/7/2018) lalu di New York Hilton untuk memberikan suara pada transaksi bersejarah ini. Kedua pertemuan berlangsung singkat, berlangsung kurang dari 15 menit.

(Baca juga: Langkah Disney Beli 21st Century Fox Bawa Berkah ke Industri Film)

Gerson Zweifach, penasihat umum 21st Century Fox mengatakan kepada para pemegang saham Fox bahwa merger diharapkan akan selesai pada paruh pertama tahun 2019. Dia memuji kesepakatan itu sebagai transaksi transformatif yang akan memungkinkan untuk membuka nilai signifikan bagi pemegang saham.

Di sisi lain, Disney hanya mengutus penasihat umum Disney Alan Braverman dan CFO Christine McCarthy. Kemudian, pemungutan suara berlangsung kurang dari 10 menit dan mendapat persetujuan hampir bulat dari pemegang saham Disney.

Selama diskusi sebelum pemungutan suara, hanya satu pemegang saham melakukan protes. Dia mengatakan bahwa harga tersebut tak masuk akal. "Saya pikir kita membayar terlalu mahal untuk Fox," ujar salah satu pemegang saham, seperti dikutip dari laman Variety, Senin (30/7/2018).

Setelah penjualan selesai, Rupert Murdoch dan Lachlan Murdoch akan memimpin perusahaan yang sekarang dijuluki New Fox, yang akan terdiri dari Fox Broadcasting Co. dan kelompok stasiun TV Fox, Fox Sports, dan Fox News.

(Baca juga: Disney Akuisisi Fox, Bos Marvel Enggan Gabungkan X-Men dan Fantastic Four ke MCU)

 Diketahui, Disney dan Fox pertama kali mencapai kesepakatan pembelian senilai USD52,4 miliar (sekira Rp755,1 triliun) pada bulan Desember. Pemungutan suara pemegang saham pada awalnya ditetapkan untuk 10 Juli tetapi harus ditunda setelah Comcast meluncurkan penawaran tunai senilai USD65 miliar (sekira Rp936,7 triliun) pada 13 Juni.

Disney merespons seminggu kemudian dengan tawaran manis yang menampilkan campuran kas dan saham.

CEO Disney Bob Iger atau Murdoch menghadiri pertemuan tersebut. Zweifach mengatakan kepada pemegang saham Fox bahwa perubahan tanggal untuk pertemuan tersebut menciptakan konflik penjadwalan untuk banyak anggota dewan Fox.

Di sisi lain, Disney juga telah menerima lampu hijau dari Departemen Kehakiman untuk pembelian ini dengan syarat bahwa mereka menjual 22 jaringan olahraga regional Fox dalam waktu 90 hari setelah penutupan pembelian. Disney masih perlu mendapatkan beberapa persetujuan dari pemerintah asing.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini