Selain Inneke Inneke Koesherawati, 5 Keluarga Artis Ini Juga Ditangkap KPK

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Senin 23 Juli 2018 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 23 33 1926262 selain-inneke-inneke-koesherawati-5-keluarga-artis-ini-juga-ditangkap-kpk-pm2PoeM4DA.jpg Inneke Koesherawati (Foto: Antara)

JAKARTA – Kehidupan selebriti Tanah Air memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Bahkan, mengenai kehidupan pribadi dan juga orang di sekitarnya selalu menjadi pusat perhatian.

Salah satunya adalah anggota keluarga selebriti Tanah Air yang terlibat skandal korupsi, suap dan lainnya. Memang tak jarang para selebriti memiliki anggota keluarga maupun pasangan dari kalangan pejabat.

(Baca Juga: James Gunn Dipecat dari Guardians of Galaxy, Ini Tanggapan Para Pemain)

(Baca Juga: Hujan Badai hingga Panitia Konser Kabur Hiasi Kisah Padi Reborn di Indonesia)

Berikut Okezone merangkum sederetan keluarga artis Tanah Air yang terlibat kasus korupsi. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Nadia Mulya

Nadya Mulya

Pil pahit pun terpaksa harus ditelan oleh presenter cantik, Nadya Mulia dan keluarga. Pasalnya, sang ayah yang pernah menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulya ditahan oleh KPK atas dugaan korupsi dana talangan (bailout) Bank Century pada akhir 2013.

Belum sampai disitu penderitaan Nadya Mulya dan keluarga, hingga kini kasus Bank Century yang menjerat sang ayah pun belum jelas titik terangnya. Kasus ini masih menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi KPK untuk segera diselesaikan.

Tak hanya itu, Nadya dan keluarga pun terus mendesak KPK untuk segera menangkap dalang di balik bailout Bank Century lainnya. Nadya meyakini sang ayah hanya menjadi korban, sedangkan tersangka utama kasus korupsi itu hingga kini masih berkeliaran.

Budi Mulya divonis 15 tahun oleh MA karena melanggar pasal 45 dan penjelasannya UU no. 23 th 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan UU no. 3 th 2004.

2. Annisa Pohan

Annisa Pohan

Mengawali karier di industri hiburan sebagai model, nasib baik menghampiri Annisa Pohan. Ia dipersunting oleh anak sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono pada 2005. Namun kebahagiaannya terenggut seketika saat mengetahui sang ayah, Aulia Pohan tersandung kasus korupsi pada 2008.

Aulia Pohan yang saat itu menjabat sebagai Deputi Bank Indonesia diciduk KPK atas dugaan kasus penyelewengan dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) yang berada dibawah naungan Bank Indonesia sebesar Rp100 miliar. Aulia pun ditahan selama 4,5 tahun. Aulia melanggar pasal 2 ayat 1 UU No 31 Tahun 1999 yang telah diubah menjadi UU No 20 Tahun 2001

3. Kristina

Kristina

Pedangdut Kristina pun menjadi salah satu artis yang salah satu anggota keluarganya tersandung kasus korupsi. Sang suami yang merupakan anggota DPR RI dan pengurus fraksi PPP, Al Amin Nasution ditangkap KPK atas dugaan kasus suap pada 2008.

Mengetahui sang suami terlibat kasus korupsi, Kristina pun mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Permohonan cerainya sempat ditolak pihak pengadilan. Keputusan Kristina yang telah bulat untuk berpisah dengan sang suami pun memutuskan naik banding hingga akhirnya dikabulkan.

4. Angelina Sondakh

Angelina Sondakh

Kasus korupsi yang menjerat artis Angelina Sondakh, istri dari Adjie Massaid sempat membuat publik terkejut. Pasalnya, Angie, panggilan akrab Angelina Sondakh diamankan beberapa saat setelah sang suami Adjie Masaid meninggal dunia.

Angie diamankan oleh penyidik KPK atas dugaan korupsi Wisma Atlet dan Proyek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Angie disebut terbukti melanggar pasal 12a jo pasal 18 UU Tipikor Nomor 31 Tahun 1999 ho UU Nomor 20 tahun 2001 dengan hukuman 10 tahun penjara. Hingga kini, Angie telah menghabiskan waktu 6 tahun mendekam di balik jeruji sel.

5. Inneke Koesherawati

Suami Terjaring OTT Kalapas Sukamiskin, Inneke Koesherawati Ikut Diperiksa KPK

Usai sang suami harus berurusan dengan polisi, kini artis senior Inneke Koesherawati terpaksa mengekor jejak sang suami. Inneke diamankan oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kediamannya di Jakarta pada Sabtu, 21 Juli 2018 dini hari. Ia ditahan atas dugaan keterlibatan suap kasus jual beli fasilitas tahanan untuk sang suami, Fahmi Darmawansyah di Lapas Sukamiskin.

Suami Inneke sendiri telah ditahan atas kasus dugaan suap proyek pengadaan satelit monitoring pada Badan Keamanan Laut (Bakamla) sejak 2016 lalu. Setelah dua tahun menjalani masa tahanan, aksi suap Fahmi terendus KPK. Fahmi diduga menyuap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen agar mendapatkan fasilitas nyaman di dalam tahanan.

Tangis pun pecah saat mantan model majalah panas itu keluar dari kantor KPK usai menjalani pemeriksaan. Hingga kini, Inneke masih berstatus sebagai saksi yang mengetahui secara persis aksi suap menyuap di Lapas Sukamiskin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini