Hati-hati! Berita Hoax Rowan Atkinson Meninggal Ternyata Sebarkan Virus

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 20 33 1924997 hati-hati-berita-hoax-rowan-atkinson-meninggal-ternyata-sebarkan-virus-IbeIYDTAhM.jpg Rowan Atkinson (Foto: Reuters)

LOS ANGELES - Kabar mengenai kematian Rowan Atkinson selama beberapa hari terakhir menimbulkan keresahan warganet. Selain dikarenakan kabar ini hoax belaka, para warganet yang terlanjur mengklik sumber berita yang tersebar di sosial media itu terancam terkena serangan peretas.

Baca Juga: Duh, Tom Cruise Lupa Tutup Resleting Celana saat Hadiri Premier Film

Dilansir People pada Jumat (20/7/2018) mengatakan bahwa para peretas sengaja menyebar berita jika pemeran Mr Bean tersebut meninggal dalam kecelakaan mobil ketika melakukan akrobat. Namun, hal ini hanya akal-akalan para peretas untuk menyusupi komputer korban dengan virus.

Setelah berbagi, situs tersebut malah menawarkan nomor telepon dukungan tempat scammer diduga mencoba mendapatkan informasi kartu kredit penelepon. Para calon korban yang tidak waspada pun akan terjebak.

Rowan Atkinson

Namun, ini bukan pertama kalinya pria berusia 63 tahun tersebut diterpa kabar serupa. Diketahui, artikel ini pertama kali beredar dan menjadi berita utama pada bulan Juli 2017 setelah mengklaim aktor tersebut meninggal.

Pada Maret 2017 lalu, Atkinson juga menjadi korban kebohongan yang sama. Selain itu, pada 2016 silam, dia juga pernah diterpa kabar meninggal dunia.

Rowan Atkinson

Yang parah, dalam kabar hoax kali ini, terdapat sebuah video dengan tombol putar yang mengundang orang untuk menonton. Namun, pada saat di klik, calon korban diarahkan ke situs web yang meminta orang untuk berbagi di Facebook dan menyelesaikan uji keamanan.

Ternyata, Atkinson hanyalah satu selebritas yang menjadi korban kabar palsu mengenai kematian. Aktor Jurassic Park Jeff Goldblum juga pernah menjadi korban berita hoax kematian. Parahnya, orang-orang sekitar Goldblum percata.

Baca Juga: Film Joker Tayang 2019, Mampukah Joaquin Phoenix Kalahkan Kejayaan Heath Ledger?

"Ya, seseorang menyebarkan berita bahwa saya jatuh dari tebing di Selandia Baru," kata Goldblum kala itu. “Sebelum kami sempat mengeluarkan pernyataan dan aku bisa menelefon semua orang, ibuku menelefon dan berkata, 'Jeffrey, apakah kamu baik-baik saja? Apa kamu baik baik saja?'" sambungnya.

“Dan kemudian seorang teman saya menangis histeris meninggalkan pesan,” pungkasnya.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini