nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Putusan Tio Pakusadewo Ditunda Gara-Gara Hakim Anggota Sakit

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 19 Juli 2018 15:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 19 33 1924567 sidang-putusan-tio-pakusadewo-ditunda-gara-gara-hakim-anggota-sakit-XYBNKbcMBa.jpg Tio Pakusadewo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sidang putusan kasus narkoba Tio Pakusadewo yang sejatinya digelar hari ini, Kamis (19/7/2018) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan batal diselenggarakan. Putusan urung dibacakan karena Hakim Anggota Majelis sakit dan tidak dapat hadir sidang.

"Seyogyanya hari ini sidang putusan, tapi karena anggota Majelis saya sakit, tidak hadir di kantor. Putusan tidak bisa dibacakan tanpa lengkap majelisnya," kata Asiadi Sembiring selaku Hakim Ketua Majelis dalam sidang.

Baca Juga: Sutradara Buffalo Boys Ucapkan Terima Kasih untuk Tio Pakusadewo

Tio Pakusadewo

Sejatinya, putusan Tio sudah siap dibacakan dalam sidang hari ini. Namun kata Asiadi, dia hanya mengikuti ketentuan hukum acara pidana tentang tata cara persidangan.

"Bukan saya tidak mau membacakan, tapi Majelisnya tidak lengkap. Hukum acara menyatakan tidak bisa dibacakan, kalau Majelisnya tidak lengkap," jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, Asiadi Sembiring akhirnya memutuskan sidang ditunda hingga pekan depan. Dia juga berharap Hakim Anggota Majelis bisa segera pulih agar sidang dapat digelar.

"Saya mohon maaf, kita undur sidang hari Selasa, 24 Juli. Terserah pak Jaksa jam berapa kita hadir. Mudah-mudahan anggota Majelis saya sehat, kita bisa sidang," ucap Asiadi Sembiring sebelum menutup sidang.

Sementara dari pihak Tio, tidak banyak pernyataan yang disampaikan terkait penundaan vonis putusan.

"Ya harus diikuti peraturan yang ada kan. Kalau soal kecewa, dari hari pertama dituntut sudah kecewa," tutur sang aktor.

Baca Juga: Hadapi Sidang Putusan, Tio Pakusadewo Diharap Bisa Bebas

Tio Pakusadewo

Seperti diketahui, Tio Pakusadewo terseret perkara narkoba usai ditangkap di kediamannya di kawasan Ampera, Jakarta Selatan pada Desember 2017. Dari hasil penangkapan, polisi turut mengamankan barang bukti berupa tiga klip plastik kecil berisi sabu.

Atas kepemilikan sabu, Tio langsung ditetapkan sebagai tersangka. Dirinya juga sempat menjalani rehabilitasi setelah dinyatakan positif narkoba.

Namun setelah lewat tiga bulan, Tio dipi dipindahkan ke Rutan Cipinang. Menurut surat keterangan RS Bhayangkara tempat Tio menjalani rehabilitasi, sang aktor tidak kooperatif selama mengikuti program. Sehingga pihak rumah sakit meminta Tio lebih baik ditempatkan di rutan.

Kasus Tio Pakusadewo sendiri belakangan jadi sorotan publik usai Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut pria 54 tahun dengan ancaman pidana enam tahun penjara. Dalam berkas tuntutan, Tio dijerat Pasal 112 ayat (1) subsider Pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini