Zac Efron Ubah Rambut Jadi Gimbal, Yay or Nay?

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 06 33 1919013 zac-efron-ubah-rambut-jadi-gimbal-yay-or-nay-2RxJBHMjKI.jpg Zac Efron (Foto: US Magazine)

JAKARTA – Bintang Hollywood Zac Efron membuat heboh warganet dengan merubah total rambutnya menjadi gimbal ala anak – anak reggae yang ia unggah di instagram (5/7/2018).

Penampilan seperti bad boy ini juga didukung dengan bewok serta tak nampak senyum di wajahnya yang terkesan foto candid. Pada fotonya itu, mantan kekasih Vannesa Hudge menjelaskan bahwa perubahan ini hanya untuk bersenang – senang.

“Just for fun,” tulis Zac singkat.

Rambut gimbalnya kali ini seakan merubah image pria matang di usianya yang genap 30 tahun pada film sebelumnya yaitu The Greatest Showman dengan tampilan rapih meskipun ada brewok yang menambah kesan dewasa pada sisi Zac.

 

- Baca Juga: Movie Review: The Greatest Showman, Sepenggal Kisah Pelopor Dunia Sirkus

Namun sayang, pujian serta keinginan Zac untuk bersenang – senang dengan perubahan rambutnya ini ditanggapi satir oleh sebagian orang yang menanggap bahwa penampilan pemain film High School Musical ini dianggap Cultural appropriation dari mereka masyarakat kulit hitam.

Cultural appropriation sendiri secara singkat merupakan pengambilan mengambil kekayaan intelektual termasuk diantaranya adalah pakaian dan atribut-atribut yang menjadi ciri khas bagi budaya lain.

“Saat orang Afrika membuar rambutnya dengan model dreadlocks atau gimbal, mereka melakukannya bukan atas nama senang – senang. Hal itu dilakukannya karena sebuah kebudayaan tersebut dianggap spesial bagi mereka,” tulis salah satu netizen.

“Dan jika kamu melakukannya untuk senang – senang, seharusnya kamu bisa menghormati kebudayaan itu. Sebagai orang Eropa kamu tidak akan bisa sempurna dengan mengubah rambut menjadi gimbal, begitupun dengan kami yang tidak bisa mengubah warna kulit menjadi putih,” tambahnya.

Komentar menohok itupun langsung ditanggapi oleh yang lainnya dengan dukungan atau kecaman yang mengatakan bahwa hairstyle Zac tidak ada hubungannya dengan suatu kebudayaan.

 

“Ini bukan soal Cultural appropriation, bung! Semua orang bisa membuat rambut mereka seperti ini, termasuk Zac. Seorang pembenci hanya tahu caranya menghujat,” tulis yang lain.

“Jangan dengarkan mereka Zac, penampilan mu tidak mengganggu siapapun disini,” sambung yang lainnya.

Lantas jika terjadi perdebatan di luar sana soal perubahan gaya rambut Zac Efron dengan rambut gimbalnya, bagaimana menurut pandangan anda? Yay or Nay?

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini