nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Ramadan Ustadz Zacky Mirza Ziarah ke Makam Kian Santang

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 23:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 33 1898323 sambut-ramadan-ustadz-zacky-mirza-ziarah-ke-makam-kian-santang-DcIpvHETTM.jpg Ustadz Zacky Mirza (Foto: Okezone)

JAKARTA - Beberapa hari jelang ramadan biasanya menjadi momen untuk mengunjungi makam. Tidak hanya makam kerabat ziarah juga sering dilakukan terhadap makam para tokoh. Hal inilah yang dilakukan ustadz Zacky Mirza.

Ia bersama dengan rekannya melakukan ziarah ke makam keramat Syeh Sunan Rohmat Suci atau yang biasa dikenal dengan Prabu Kian Santang di kawasan Garut, Jawa Barat. Dalam ziarahnya itu ustadz Zacky ditemani oleh salah seorang pemandu yang mengetahui banyak akan sejarah tempat tersebut.

"Pemirsa kita udah naikin tangga sekarang alhamdulillah kita ketemu dengan ustad Zainal beliau yang tau banyak tentang sejarah ditempat makam keramat Gogog, Garut waliyulloh Syech Sunan Rohmat Suci atau Prabu Kian Santang," turur Zacky seperti dilansir Go Spot, Senin, (14/5/2018).

 zaky

Dalam video tersebut sebelum memanjatkan doa, ustadz Zacky melihat-lihat sejumlah pusaka yang menjadi peninggalan di makam. Ia tertarik melihat tasbih yang terbuat dari kayu.

(Baca: Rilis 3 Album Religi Jelang Ramadan, Nagaswara Gandeng Puluhan Penyanyi Berbakat)

"Kalo tasbih itu dari apa pak ? gede-gede tuh kaya dari batu, itu emang ada talinya ya," tanya Zacky.

"Itu dari kayu, ada talinya," jawab Zainal.

Ustadz Zacky pun mengingatkan bahwa, momen ziarah itu jangan dijadikan sebagai ajang untuk musyrik kepada Allah. Ia pun menjelaskan bahwa tujuannya ke makan keramat tersebut tak lain hanya mengharap ridho Allah

"Jangan ada niat musyrik niat kita cuman satu langsung ke Alah SWT dan mudah mudahan dengan kita ziarah ke orang baik yang sudah meninggal keberkahannya walapun cuma setitik bisa nempel di hidup kita," terangnnya.

 (Baca juga: 4 Artis yang Memutuskan Jadi Mualaf, Nomor 3 Kisahnya Bikin Terharu

)

Usai menyambangi peninggalan dari Kian Santang Ia pun langsung memanjatkan doa dan dilanjutkan dengan makan bersama.

"Naik turun udah sekarang waktunya kita makan nasi liwet. Ini satu menu satu piring tapi komplit ada sayuran ayam ikan asin tempe sambel kerupuk," tutupnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini