nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wawancara Eksklusif: Sunny Gho Ajak Anak Indonesia Berkarier di Marvel

Hana Futari, Jurnalis · Minggu 29 April 2018 14:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 29 206 1892587 wawancara-eksklusif-sunny-gho-ajak-anak-indonesia-berkarier-di-marvel-0AXiYbaRE4.jpg Sunny Gho (Foto: Hana/Okezone)

JAKARTA - Tak hanya menjadi orang Indonesia yang bekerja di Marvel, rupanya fakta lain terkuak dari sosok Sunny Gho. Sukses berkarya di Marvel sebagai pembuka jalan bagi Sunny Gho untuk mengajak teman-temannya yang asal Indonesia untuk bergabung di industri komik asal Amerika itu. Dapat membawa teman-teman untuk berkarya di Marvel rupanya menjadi pengalaman yang berkesan bagi anak bangsa yang berprofesi sebagai clourist di Marvel itu.

Hal ini diungkapkan Sunny kepada tim Okezone saat ditemui di gedung iNews TV, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sejak dirinya bergabung pada tahun 2000, Sunny mengaku telah mengajak teman-teman yang dulu satu studio bergabung. Keberhasilan mengajak teman itu membuat Sunny bahagia.

 (Baca: Wawancara Eksklusif: Sunny Gho, Colourist Marvel Asli Indonesia)

"Yang berkesan untuk saya, saya orang Indonesia pertama di atas tahun 2000 yang bekerja di Marvel. Kemudian seiring berjalannya waktu saya bisa berhasil mengajak teman-teman satu studio bekerja di Marvel. Itu sih yang membuat saya senang," ujar Sunny Gho, saat diwawancarai secara ekslusif, Jumat 27 April 2018.

 


Melejitnya karier Sunny Gho di industri komik mancanegara ini pun memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki komikus bertalenta yang dapat diakui dunia. Ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk Sunny. Selain itu, negara di Asia yang disambangi Marvel untuk mencari talenta komikus hanya 2, yakni Filipina dan Indonesia.

"Kita punya talenta yang luar biasa jadi membuktikan itu merupakan pencapaian yang aku ingat. Bahwa kita tuh bukan negara yang nggak punya kreativitas. Indonesia menjadi salah satu negara yang dihampiri Marvel untuk mencari talentanya. Di Asia sendiri hanya dua yaitu FIlipina dan Indonesia. Kalau FIlipin memang ada kedektan dengan Amerika dari tahun 1970 artis FIlipin datang ke Amerika untuk bikin komik. tapi negara kedua setelahnya adalah Indonesia. Indonesia yang banyak banget komikus jago yang levelnya tingkat dunia. Itu yang saya pelajari dan saya bisa buktikan bahwa Indonesia bisa," ujar Sunny lagi.

 Sunny Gho

Sepuluh tahun kiprahnya di dunia komik Amerika Marvel, Sunny telah berkontribusi dalam memberi warna di beberapa komik, di antaranya Avangers, Ultimate, Hulk, Spiderman, Thor dan Guardian in the Galaxy. Untuk yang komik yang paling berkesan, ia mengakui Captain Amerika yang kini sedang ia selesaikan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini