Share

Kisah Pandji Pragiwaksono dan Debut Sutradaranya di Film Action Comedy

Ady Prawira Riandi, Okezone · Kamis 29 Maret 2018 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 206 1879718 kisah-pandji-pragiwaksono-dan-debut-sutradaranya-di-film-action-comedy-VjkatzGYO4.jpeg Pandji Pragiwaksono (Foto: Okezone)

JAKARTA Pandji Pragiwaksono akhirnya mengikuti jejak dari Raditya Dika dan Ernest Prakasa yang bertransformasi dari stand-up comedian menjadi sutradara. Jika kedua rekannya sudah beberapa kali merilis film, Pandji baru memulainya tahun ini dengan film Partikelir.

Partikelir sendiri merupakan film dengan genre buddy cop pertama di Indonesia. Tema-tema film detektif semacam 21 Jump Street atau Sherlock Holmes memang tidak terlalu diminati di Tanah Air.

Baca juga: Rekan Duet Bongkar Keseharian Lucinta Luna

Pandji sendiri mengaku kaget ketika salah satu rumah produksi mau menerima cerita yang dibuatnya. Ini juga menjadi pengalaman pertama baginya untuk menulis skenario sebuah film, sama seperti apa yang dilakukan oleh Radit dan Ernest.

“Saya pikir menarik sekali ada yang mau ambil ini (Partikelir) karena sebenarnya kalau dilihat baik-baik rada nyeleneh dan tidak aman. Bukan drama komedi tapi action comedy, tapi saya dipercayakan untuk bikin film action, ya saya emban kepercayaan tersebut,” ujar Pandji.

Komedian yang sudah melangsungkan beberapa kali tur dunia ini lantas mengaku lumayan kerepotan karena harus menjadi pemain, penulis, sekaligus sutradara di dalam film Partikelir. Untungnya Pandji dikelilingi oleh orang-orang yang bisa membantunya menjalani tiga peran berbeda di lokasi syuting.

Tak hanya sampai di situ, Pandji juga sempat memberikan tanggapan terkait tren komika menjadi sutradara seperti dirinya, Radit, dan Ernest. Pandji tak menampik bahwa ada kepercayaan tinggi dari para produser film kepada para komika untuk membuat sebuah film.

Baca juga: Lucinta Luna Pamer Akta: Netizen: Mana Ada Lahir Tahun 90-an Aktanya di Ketik Komputer

“Saya harus mengakui trend itu ada. Ada banyak kepercayaan dari industri ini terhadap komika karena kayaknya kalau komika tuh, saya misalnya, bikin konser komedi tunggal itu durasinya 2,5 jam. Jadi, produser itu datang ke saya terus ngomong, ‘Kalau lo bisa bikin ketawa orang 2,5 jam, lo bisa lah bikin film!’ Nah, ini yang membuat stand up comedian bisa dipercaya,” papar Pandji.

Partikelir akan tayang mulai tanggal 5 April mendatang. Film ini banyak menyoroti isu-isu terkini yang ada di tengah masyarakat Indonesia.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini