nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WMBI Cari Band Metal Indonesia untuk Manggung di W:O:A Jerman

Edi Hidayat, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 23:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 15 205 1873501 wmbi-cari-band-metal-indonesia-untuk-manggung-di-w-o-a-jerman-HHTcnVt2Sl.jpg Beside Band (Foto: DCDC)

JAKARTA - Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) kembali mencari band-band metal Tanah Air untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam acara Wacken Open Air (W:O:A) Jerman yang merupakan festival heavy metal terbesar di dunia. Nantinya, sang jawara WMBI akan tampil di dua panggung yang disediakan yaitu W:E:T Stage dan  Headbanger’s Stage.

Baca Juga: Waw, Band Metal Anthrax Ingin Kolaborasi dengan Lady Gaga

Tahun ini, rencanannya dua panggung di dalam tenda dome itu akan semakin diperbesar dengan luas area 6.350 meter persegi yang mampu menampung ribuan orang di dalamnya. Sudah pasti, tampil di dua panggung itu akan menjadi pengalaman berharga bagi metalhead yang menjadi jawara di WMBI 2018.

"Kompetisi ini menjadi perpanjangan tangan dari usaha untuk melebarkan sayap band-band cadas Indonesia di ruang permainan yang lebih luas. Kenyataannya, band-band Indonesia memang sudah seharusnya memiliki tempat di panggung dan scene musik internasional," ungkap  Kimung, personel Karinding Attack yang juga Steering Committees WMBi 2018 dalam siaran persnya.



Lebih lanjut, Kimung menjelaskan keberadaan Wacken Metal Battle Indonesia 2018 menjadi sangat penting. Selain menambah catatan sejarah, ajang ini adalah bukti bahwa musik ekstrim di Indonesia memberi dampak baik untuk dunia musik Tanah Air.

Secara keseluruhan, musik Indonesia bisa semakin dikenal karena kapabilitasnya. Secara khusus, ajang ini kembali memupuk semangat kompetisi yang "sehat" sekaligus memotivasi band-band dalam negeri.

Baca Juga: Anthrax Jadi Band Metal Pertama yang On Air di Mars

Pendaftaran berlangsung sekira tiga bulan dan ditutup pada Awal Mei mendatang. Nantinya, dari ratusan pendaftar akan dipilih 30 besar dan dikerucutkan mejadi 10 besar. Nah, ke 10 band metal inilah yang akan bertarung secara live di Panggung WMBI 2018 yang akan dihelat Juli mendatang untuk memperebutkan tiket ke W:O:A.

"Faktor utama yang akan jadi penilaian dari para juri adalah seberapa mampu band tersebut membawa karakter Indonesia saat tampil di ajang internasional tersebut. Selain itu, juri juga akan menilai kualitas musik, aksi panggung dan kesiapan band tersebut secara mental," jelas Kimung.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini