nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minta Berobat Jalan, Bagaimana Kondisi Terkini Ridho Rhoma di RSKO?

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 04:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 23 33 1849323 minta-berobat-jalan-bagaimana-kondisi-terkini-ridho-rhoma-di-rsko-CPCp3QNsGS.jpg Ridho Rhoma (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ridho Rhoma akan segera mengajukan permohonan berobat jalan untuk kelanjutan proses rehabilitasi yang saat ini masih berlangsung di RS Ketergantungan Obat (RSKO), Jakarta Timur.

- Baca Juga: Ridho Rhoma Jalani Rehabilitasi, Ini Kata Rhoma Irama

Permohonan dibuat mengingat sesuai aturan hukum, Ridho sudah menjalani dua per tiga masa tahanan dan diperbolehkan untuk berobat jalan.

Namun, proses untuk mengajukan permohonan berobat jalan tidak lah mudah. Ridho tetap harus menjalani assessment guna menentukan apakah dirinya sudah layak berobat jalan.

Lantas, apa komentar tim kuasa hukum Ridho Rhoma mengenai permohonan berobat jalan yang akan diajukan? Kepada Okezone, Achmad Cholidin memberikan jawaban.

"Saya meyakini dikabulkan. Seharusnya ya, kalau dilihat dari sisi aturan hukum," kata Achmad lewat sambungan telepon belum lama ini.

Selain sudah dipastikan melewati dua per tiga masa tahanan, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga telah menolak banding Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas putusan Ridho Rhoma. Oleh karenanya, Achmad Cholidin tidak melihat adanya alasan lain untuk menolak permohonan berobat jalan yang diajukan kliennya.

"Kalau menurut peraturan pemerintah, kalau sudah dua per tiga masa hukuman itu harusnya bisa minta berobat jalan. Tapi karena jaksa banding, menurut peraturan RSKO itu kita belum bisa mengajukan permohonan berobat jalan," terang Cholidin saat menjelaskan situasi Ridho.

Jika dari sisi hukum Ridho Rhoma sudah layak untuk berobat jalan, lalu bagaimana dengan kondisi fisik pria yang baru saja merayakan ulang tahun ke-29? Menurut Achmad Cholidin, Ridho sudah banyak mengalami perkembangan positif selama menjalani rehabilitasi di RSKO.

- Baca Juga: 2 Bulan Direhabilitasi, Ridho Rhoma Kini Lebih Sehat dan Terlihat Bersih

"Dari sisi fisik dan psikis mas Ridho juga sangat ada kemajuan. Kami juga berdialog dengan pendampingnya, dan dikatakan kemajuan mas Ridho sangat pesat," tutup Cholidin.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini