nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Festival Musik Indonesia yang Paling Ditunggu di 2018

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 07:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 13 205 1844479 festival-musik-indonesia-yang-paling-ditunggu-di-2018-fT0hcaBqnG.jpg Java Jazz Festival (Foto: Arif/Okezone)

JAKARTA – Panggung hiburan musik Indonesia siap diramaikan dengan sejumlah musisi dalam gelaran festival musik tahunan fenomenal. Sejumlah panggung musik festival siap hadir pada 2018 ini dengan menyajikan musisi dalam dan luar negeri.

Tak sekadar ragam penyanyi saja, sederet genre musik juga telah menjadi perhatian khusus bagi penggila konser. Berikut empat panggung musik festival Indonesia pilihan Okezone yang dinantikan untuk tahun 2018:

(Baca Juga: Skenario Pernikahan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga Dinilai Akan Terbongkar)

(Baca Juga: Aktor-Aktor Hollywood yang Siap Bersinar di 2018)

1. Java Jazz Festival

Java Jazz Festival (JJF) menjadi gelaran tahunan yang dinantikan oleh penggemar musik khususnya genre jazz. Pada tahun sebelumnya, JJF 2017 menghadirkan sederet musisi asing kawakan yang sukses menhentakkan panggung Indonesia yang digelar pada 3-5 Maret lalu di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, gelaran tersebut menghadirkan NE-YO, Incognito, KING, Kirk Whalum, Nik West, Zap Mama dan lainnya. Sementara musisi Indonesia tak kalah heboh memeriahkan panggung tersebut seperti Glen Fredly, Andien, Tulus, Rendy Pandugo, dan lainnya.

Uniknya, pada tahun tersebut berisi beragam jenis lagu yang mengejutkan penonton yang hadir. JJF 2017 menyisipkan jenis musik hip-hop hingga elektronic dance music disela-sela konsep jazz dan pop yang lekat dengan acara. Lalu, bagaimana dengan Java Jazz Festival 2018? Kejutan genre musik apa lagi yang akan hadir?

2. We The Fest

We The Fest (WTF) dikenal dengan sebutan konser musik festival berjuluk ‘Choacella Versi Indonesia’ . Hal itu dikarenakan mengingat gelaran diadakan pada musim panas serupa dengan festival musik dunia bernama Choacella.

Pada pertengahan 2017, WTF menghadirkan beragam penyanyi kekinian dalam dan luar negeri. Diantaranya yaitu Kodaline, The Kooks, EPIK HIGH, Dua Lipa, Gnash, Phoeniz, Charli XCX dan lainnya yang datang dari luar negeri. Sementara dari dalam negeri menghadirkan Potret, Teddy Adithya, Adian Khalif, Elepant Kind, The Adam, Bottlesmoker, Barasuara, Mocca dan masih banyak lagi lainnya.

Uniknya, WTF kehadiran tamu spesial pada gelaran hari pertama yakni pada 12 Agustus 2017. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir untuk menyaksikan band Kodaline, yang mana merupakan jenis musik kegemarannya yaitu metal. Baik sebelum dan sesudah WTF, tidak ada lagi gelaran panggung konser yang dihadiri oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Sementara itu, We The Fest diprediksi masih menjadi panggung musik festival yang dinantikan penggila konser di Indonesia. Setelah Java Jazz Fetival yang mengawali tahun, nama We The Fest masuk pada urutan berikutnya lantaran berada di pertengahan tahun.

3. Soundrenaline

Soundrenaline, gelaran panggung musik festival ini masuk dalam penantian para penggila konser di penghujung tahun. Sederet musik kelas dunia dan dalam negeri rutin hadir menyapa penggemar i Indonesia, berdasarkan jenis musiknya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran ini tak melulu berada di pusat Ibu Kota Jakarta, melainkan menjamah kota lain di Indonesia. Seperti pada dua tahun terakhir yang memilih Bali sebagai tuan rumah dengan bintang tamu utama yakni Simple Plan, Dashboard Confessiona, JET dan lainnya.

Seiring perkembangan musik saat ini, Soundrenaline ikut diramaikan dengan kehadiran musik elektronik seperti DJ Dipha Barus. Sementara itu, berbeda dari festival musik lainnya, Soundrenaline menyajikan grup-grup yang memiliki segmentasi khusus berdasarkan genrenya. Bagaimana dengan tahun 2018?

4. Djakarta Warhouse Project

Djakarta Warehouse Project (DWP) siap memasuki usia satu dekade pada 2018. Gelaran musik festival tahunan tersebut menyajikan sederet penggiat musik elektronik dari sejumlah negara di dunia.

Tak hanya menjadi kegemaran party goers dalam negeri, penonton dari berbagai negara Asia turut hadir untuk menyaksikan DWP setiap tahunnya. Diantaranya dari Singapura, Malaysia, Filipina, Tiongkok, Thailand dan negara tetangga lainnya.

Pada 2017, DWP membuat gebrakan baru yakni dengan menghadirkan sederet penyanyi hip-hop dan R&B tak seperti biasanya yang ramai dengan para disck jokey alias DJ. Bagaimana gebrakan yang akan hadir pada usia satu dekade Djakarta Warehouse Project di tahun 2018?

5. LAFF Festival Indonesia

LAFF Festival Indonesia – Love and Fabulous Festival hadir di Indonesia. Selama 8 tahun menjalani industri hiburan Tanah Air, Berlian Entertainment bertekad menghadirkan festival musik yang berbeda dari kebanyakan. Mempunyai pengalaman dalam menghelat konser, Berlian Entertainment ingin memberikan pengalaman menonton festival musik yang berbeda.

Love and Fabulous Festival hadir di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta pada Sabtu, 10 Februari 2018. Rencananya festival ini akan diadakan tiap tahun pada setiap Februari yang erat kaitannya dengan bulan cinta. LAFF Festival tahun 2018 ini akan menghadirkan 12 special show dalam satu malam. Dipastikan akan membuat malam festivalgoers berbeda.

RAISA Handmade Experience, ANDIEN Metamorfosa 2.0, Yura dan Tuan Tuan, D’Essentials Of Groove, NEV+ Sophia Latjuba, Jevin Julian x Random Brothers feat. Neonomora, RamenGvrl, dan Andini menjadi salah satu pengisi acara.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini