nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ed Sheeran dan Tim McGraw Dituduh Musisi Australia Lakukan Plagiat

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 16:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 33 1844135 ed-sheeran-dan-tim-mcgraw-dituduh-musisi-australia-lakukan-plagiat-Zhz9jVTL7W.jpg

SIDNEY - Kasus plagiarisme kembali menyeret penyanyi sekaligus musisi Ed Sheeran. Kali ini namanya terseret lewat lagu ciptaanya dengan Tim McGraw berjudul The Rest of Our Life yang dibawakan oleh Tim dan Faith Hill. 

Dua musisi asal Australia yakni Sean Carey dan Beuau Golden menuduh bahwa lagu The Rest of Our Life mirip dengan karya mereka untuk penyanyi Jasmine Rae berjudul When I Found You. When I Found You telah diluncurkan lebih dulu yakni pada 2015 silam, sementara The Rest of Our Life baru dirilis Oktober 2017. 

Mereka menilai bahwa kemiripian terlihat jelas baik untuk pengamat biasa. Lagu tersebut pun tercatat sebagai yang paling sering diputar di radio-radio Australia. 

Baca Juga: Antusias, Anak Rifky Balweel Gerayangi Pernikahan Rifky dan Biby Alraen

Baca Juga: Biby Alraen Tulis Harapan Membangun Rumah Tangga Bersama Rifky Balweel

"Penyalinanya, dalam banyak kasus, secara verbal, penyalinan dari satu not ke not lain sangat penting dan elemen asli dari lagu, dan jelas diketahui untuk pengamat biasa," ujar Richard Busch, perngacara yang ditunjuk oleh Carey dan Golden, dilansrir ABC. 

Ini bukan kali pertama Busch menangani kasus plagiarisme yang menyerang Ed Sheeran. Sebelumnya, ia memenangkan kasus penjiplakan yang dilakukan Sheeran dalam lagu Photograph

Lagu tersebut terbukti melakukan plagiat dari karangan Martin Harrington dan Thomas Leonard berjudul Amazing. Single tersebut dibawakan oleh jebolan X Factor asal Inggris. Kasus tersebut membuat penyanyi bergitar itu membayar sebesar Rp 264 juta. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini