nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menderita Kanker Langka, Ayah Matt Damon Meninggal Dunia

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Senin 25 Desember 2017 14:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 25 33 1835581 menderita-kanker-langka-ayah-matt-damon-meninggal-dunia-4Ex6kLUjOr.jpg Matt Damon dan Ayahnya (Foto: Bostonglobe)

LOS ANGELES - Matt Damon baru saja kehilangan ayah tercinta, Kent Damon, belum lama ini, lantaran penyakit multiple myeloma. Penyakit langka itu rupanya sudah diderita Kent sejak beberapa tahun belakangan ini.

- Baca Juga: Cerita Perseteruan Jimmy Kimmel dan Matt Damon Sudah 10 Tahun Lho

Publisis Matt Damon, Jennifer Allen, memastikan kabar ini pada Boston Globe. Allen mengungkap bahwa kondisi Kent sudah memburuk selama beberapa bulan terakhir. Menurut paparannya dan Matt belum lama ini, Kent meninggal dunia secara perlahan dan cukup menyakitkan. Kent meninggal dunia di usia 74 tahun.

"Kejadiannya perlahan; Ayahku sakit, dan kita harus melalui itu. Mohon doanya," ucap Matt belum lama ini. Kent didiagnosis menderita multiple myeloma sejak 2010.

Sekadar diketahui, multiple myeloma adalah kanker langka di sumsum tulang belakang. Menurut myeloma.org.uk, Multiple myeloma terjadi saat sel plasma, yaitu sejenis sel darah putih, berjumlah jauh lebih banyak dari normal dan membuat antibodi yang lebih banyak dari yang diperlukan.

Jumlah yang terlalu banyak ini berpotensi membahayakan organ-organ tubuh lainnya. Multiple myeloma terjadi secara periodik, yang berarti punya saat kambuh dan datar.

Matt sendiri sudah sering mengkampanyekan soal kanker dan kesehatan sejak diagnosis Kent. Diketahui, ia beberapa kali menghadiri acara amal di Massachusetts General Hospital Cancer Center di Boston dan menggalang dana sendiri di Los Angeles.

Pemeran film Downsizing ini juga telah membatalkan kehadiran di Britannia Awards Inggris untuk merawat sang ayah.

Kent diketahui dekat dengan keluarganya, yang dikaruniai seorang anak laki-laki (Matt) dan empat anak perempuan. Kent sering membanggakan prestasi Matt tiap kali ditemui awak media serta ikut merasakan bahagianya Matt ketika memenangkan berbagai penghargaan.

Matt pun merasa demikian. Ia sendiri sempat menyatakan tidak menyangka ayahnya menderita kanker.

- Baca Juga: Matt Damon Akan Beradu dengan Jeremy Renner di Sekuel Jason Bourne Terbaru?

"Kita pernah kehilangan teman dekat karena kanker beberapa tahun ini, tapi aku tak menyangka akan terjadi pada ayahku, sang pelari maraton," ujar Matt ketika itu.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini