nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keinginan Irfan Hakim Umrah Bareng sang Ayah Pupus

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Selasa 21 November 2017 09:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 21 33 1817617 keinginan-irfan-hakim-umrah-bareng-sang-ayah-pupus-uz9DtadLGV.JPG Irfan Hakim (foto: Instagram/@irfanhakim75)

JAKARTA - Irfan Hakim sempat berencana untuk pergi ke Tanah Suci bersama sang ayah H. Rosyid Sukarya untuk melaksanakan ibadah Umrah bersama. Namun, keinginan Irfan pupus, karena sang ayah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa 21 November 2017.

Keinginan Irfan Umrah bareng sang Ayah diucapkan pasca kondisi H. Rosyid sempat membaik setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Rencananya Januari ini Irfan akan mengajak sang ayah ke Tanah Suci.

(Baca Juga: Irfan Hakim Ikhlaskan Kepergian Ayahanda Menghadap Sang Khalik)

"Alhamdulillah hari ini sudah bisa masuk ke ruang perawatan. Insya Allah nanti rencana pergi umrah ke tanah suci Januari juga insya Allah terlaksana," katanya dalam Obsesi beberapa waktu lalu.

Irfan Hakim sempat kaget karena meskipun sudah tua renta, ayahnya tersebut termasuk orang yang jarang masuk rumah sakit. Terlebih, segala jenis obat sempat tak cocok pada ayah dari Irfan Hakim ini. Ia dan keluarga pun sudah mempersiapkan mental jika hal yang tak diinginkan terjadi.

Namun bersyukur doa darinya juga keluarga yang lain dikabulkan. Sehingga kesehatan pria berusia 80 tahun itu sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Kemarin 30 September apa itu kakinya tiba-tiba bengkak, karena sudah tua kali ya. Saya coba ngobrol dengan orangtua lainnya, disaranin obat macam-macam, dan semuanya saya cobain, ternyata enggak semua orang cocok dengan semua obat termasuk Apa saya," paparnya.

"Saya tiba-tiba dapat telefon dari mama sudah nangis-nangis saat itu. Kita gini 'Apa bangun Apa bangun'. Saya sebut namanya alhamdulillah transfusi darah bisa masuk. Semalaman saya pegang tangannya terus ya itu saya bisikan lailahaillah," cerita pria asal Bandung, Jawa Barat tersebut.

(Baca Juga: Kabar Duka! Ayah Irfan Hakim Meninggal Dunia)

Namun, kabar duka dirasakan Irfan Hakim dan keluarga. Pasalnya, di usia ke 80 tahun sang ayah menghembuskan nafas terakhirnya. Dirianya bersama keluarga pun sudah mengikhlaskan kepergian ayah tercinta menghadap sang Khalik.

"innalillaahi wa inna ilaihi roojiuun...

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu.

Apa... Ipan sayang Apa sangat. Ipan ikhlas. Punten kalau Ipan belum cukup membahagiakan Apa selama ini. 🙏🙏🙏

...

meninggal 21 november 2017,

pukul 03.30 di Bandung.. di usia 80 tahun

dimakamkan di pemakaman keluarga, di parakan muncang, tj sari, sumedang

...

minta doa nya.., maafkan segala kesalahan...🙏🙏🙏," tulis Irfan Hakim di akun Instagram-nya.

(foto: Instagram/@irfanhakim75)

Sebelumnya pada Januari 2017, Rosyid diopname karena dehidrasi berlebihan yang merusak fungsi gunjalnya. Irfan pun sempat disibukkan dengan bolak-balik Jakarta-Bandung untuk membantu merawat Rosyid. Saat itu, Irfan juga meminta sang ayah yang tengah terkulai lemas untuk selalu bersemangat.

Meski begitu, belum diketahui penyebab pasti meninggalnya ayah Irfan Hakim tersebut. Kondisi Rosyid sempat dikabarkan membaik, namun rupanya kini tidak tertolong. Sementara itu, jenazahnya dikabarkan akan dikebumikan di pemakaman keluarga Irfan di Cibogo Peuntas, Parakan Muncang, Bandung, siang ini.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini