Laku Keras! Album 'Reputation' Taylor Swift Terjual 1,22 Juta Kopi dalam Seminggu

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 205 1817760 laku-keras-album-reputation-taylor-swift-terjual-1-22-juta-kopi-dalam-seminggu-7Ipzovi114.jpg Taylor Swift (Foto: Instagram/@taylorswift)

LOS ANGELES – Taylor Swift kembali membuktikan jika albumnya selalu ditunggu-tunggu pecinta musik dunia. Bukti terbaru tentu bisa dilihat dari jumlah penjualan album terbarunya, “Reputation”.

Baru seminggu dirilis, “Reputation” tercatat sudah terjual lebih dari satu juta copy. Menurut data yang didapat Billboard dan Nielsen Music pada Senin 20 Oktober 2017, “Reputation” sudah terjual 1,22 juta kopi.

Baca Juga: Kunjungi Toko Musik, Taylor Swift Bikin Geger Para Penggemarnya

Fakta ini sekaligus memperpanjang catatan apik penjualan album Taylor Swift. “Reputation” menjadi album keempat kekasih Joe Alwyn tersebut yang terjual lebih dari satu juta kopi dalam satu minggu sejak perilisannya.

Taylor sekaligus memantapkan diri sebagai satu-satunya penyanyi dalam sejarah yang punya empat album dengan penjualan masing-masing lebih dari 1 juga kopi di minggu pertama. Sebelumnya, Taylor sudah mencatat rekor sebagai artis pertama yang tiga albumnya terjual lebih dari 1 juta kopi ketika ia merilis “1989”.

Sebagai catatan, tiga album terakhir Taylor terus menunjukkan kenaikan angka penjualan. “Speak Now” yang dirilis pada 2010 terjual 1,05 juta kopi dalam seminggu, sedangkan “Red” yang diluncurkan dua tahun kemudian laku sebanyak 1,21 juta kopi dalam kurun waktu yang sama.

Sejauh ini, jumlah penjualan terbaik masih berada di tangan “1989”. Album yang dirilis pada 2014 silam tersebut terjual hingga 1,29 juta kopi. Dengan demikian, “1989” menjadi album Taylor dengan penjualan terbaik dibanding tiga albumnya yang lain sejauh ini.

Dilansir New York Daily News, Selasa (21/11/2017), Taylor sekaligus menjadi penyanyi pertama yang mampu menjual album tradisional hingga lebih dari satu juta copy sepanjang tahun ini. Ed Sheeran dan Kendrick Lamar yang albumnya laku keras tahun ini pun masih kalah dari Taylor dari segi penjualan album tradisional.

Baca Juga: 4 Hari Sejak Dirilis, Album "Reputation" Taylor Swift Tembus Penjualan 1 Juta Kopi

Billboard telah mengubah cara hitung penjualan album di era modern seperti sekarang. Untuk single, penjualan single baru dihitung setara dengan satu album jika terjual 10 unit. Sementara untuk streaming, 1.500 kali stream dianggap baru setara dengan penjualan satu album.

Karena lagu-lagu di album “Reputation” tak tersedia di aplikasi streaming, fans pun dipaksa untuk membeli album fisiknya. Hal inilah yang membuat penjualan album tradisional Taylor bisa langsung melejit dalam waktu singkat. (lid)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini