nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren, Lukman Sardi Ajarkan Ketiga Putranya Jauhi Kekerasan Gender dan Seksual

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017 10:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 17 33 1816161 keren-lukman-sardi-ajarkan-ketiga-putranya-jauhi-kekerasan-gender-dan-seksual-tjxj2jmlh9.jpg Lukman Sardi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aktor peran Lukman Sardi diketahui juga turut terlibat dalam kampanye menghentikan kekerasan berbasis gender dan seksual, yang digagas oleh 16 Film Festival (16FF). Acara tersebut diketahui akan berlangsung pada 25 November hingga 10 Desember 2017.

- Baca Juga: Ibunda Sakit, Kiki Farrel Diam-Diam Suka "Nangis" di Kamar

Sebagai salah seorang volunteer ambassador, pria 47 tahun ini mengaku bahwa dirinya tidak hanya menerapkan sikap untuk menghapus kekerasan pada dirinya sendiri saja. Ia bahkan menyatakan bahwa dirinya selalu mencoba menerapkan sikap tersebut kepada ketiga anaknya yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

"Nah gue terapkan ke diri sendiri termasuk ke anak-anak gue. Anak gue semua laki-laki, bagaimana mereka gue ajarkan respek bukan hanya ngomong tentang perempuan. Misalnya, ngajarin biasa anak-anak kan tiba-tiba mukul, bukan berarti gue langsung, 'Enggak boleh pukul', tapi gue juga harus memberi penjelaskan terhadap anak gue, kenapa sih enggak baik," papar Lukman Sardi yang ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

"Gue akan jelasin kalau mukul itu akan menimbulkan sakit, orang kalau lagi sakit itu enggak enak. Gue balikin lagi, kalau kamu dipukul terus sakit enak enggak? Jadi gue begitu pelan-pelan. mudah-mudahan mereka hidup dalam based yang akhirnya mempunya kekuatan kuat bahwa kekerasan itu tidak baik," sambungnya.

Sementara itu, suami dari Pricillia Pulunggono ini juga menyatakan bahwa tindakan menghentikan kekerasan dapat dimulai dari diri sendiri. Pasalnya, semua manusia diibaratkan lahir karena adanya rasa cinta dan kasih sayang, yang tidak mungkin bisa melakukan hal negatif jika tidak dipengaruhi oleh lingkungan.

"Gue harus memulai semua itu dari diri sendiri. Gue harus sadar betul bahwa kekerasan itu bukan sesuatu yang, istilahnya gini kita lahir karena dari cinta, kalau kita ngomong cinta itu enggak ada kekerasan. Nah itu saja prinsipnya," tuturnya.

- Baca Juga: Rumit Pakai BPJS, Kiki Farrel Biayai Sendiri Operasi Tumor Usus Sang Ibunda

"Bagaimana lo melakukan kekerasan, padahal lo lahir dari cinta yang memang enggak kenal sama kekerasan. Bisa jadi itu karena lingkungan," tukasnya

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini