nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Movie Review: Coco, Film Animasi Sarat Pesan Moral Keluarga

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 15:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 17 206 1815826 movie-review-coco-film-animasi-sarat-pesan-moral-keluarga-gYtYA6Gp43.jpg Coco (Foto: IST)

JAKARTA – Menjelang penghujung tahun, Disney berkolaborasi dengan Pixar merilis film animasi mereka yang berjudul Coco. Film ini menjadi film kesekian hasil kerja sama dua creator animasi terhebat di dunia.

Seperti halnya Moana, Disney kembali mencoba mengeksplorasi kebudayaan baru ke dalam filmnya. Jika Moana mengangkat cerita tentang kebudayaan Polinesia, kali ini Coco mengambil latar belakang dari kehidupan masyarakat Meksiko.

Baca juga: Yuk, Simak 5 Fakta Menarik Tentang Film Coco

Dikisahkan ada seorang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Miguel (Anthony Gonzalez) yang memiliki impian untuk menjadi seorang musisi. Sayangnya, impian Miguel itu selalu terhalang oleh kerasnya prinsip keluarga yang melarang musik setelah sang kakek buyut meninggalkan keluarga demi mengejar karier menjadi musisi dunia.

Keinginan Miguel menjadi seorang musisi datang dari popularitas Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt), yang datang dari Santa Cecilia dan menjadi seorang legenda musik. Miguel pun berharap suatu hari nanti dirinya bisa menjadi musisi besar layaknya Ernesto.

Baca juga: Hasilkan Rp581 Miliar, Coco Bertahan di Puncak Box Office Meksiko

Coco akan mengenalkan sebuah tradisi bernama Dia de Muertos, di mana satu hari masyarakat Meksiko menghormati dan mengenang kembali memori-memori dari anggota keluarga yang telah berpulang. Setiap Dia de Muertos datang, para arwah dari Land of the Dead akan berkunjung ke keluarga mereka yang masih hidup di Land of the Living. Di saat itu pula, Miguel akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menggapai impiannya menjadi seorang musisi. Berawal dari mencuri gitar milik sang idola, Miguel akhirnya terdampar ke Land of the Dead dan menjalani petualangan menarik yang tak terlupakan.

Sejatinya, Coco adalah sebuah film animasi sarat akan pesan moral tentang keluarga. Di dalam film ini, banyak poin tentang arti keluarga, dukungan keluarga, dan pentingnya mengejar sebuah cita-cita. Semua poin tersebut dibalut rapi dengan kreasi imajinasi menawan dari Pixar Animation Studios. Kepiawaian mereka dalam mengolah gambar menjadi hidup sudah tak usah diragukan lagi. Detil-detil di dalam film dilengkapi dengan permainan warna yang cantik membuat Coco menjadi salah satu film animasi keluarga yang wajib untuk ditonton.

Dengan hasil produksi yang sangat bagus, rasanya tak sia-sia jika Disney dan Pixar menghabiskan waktu selama enam tahun untuk menggarap film ini. Disney dan Pixar mulai mengerjakan proyek Coco dari tahun 2011 dengan melakukan banyak riset baik tentang kebudayaan yang diangkat, jalannya cerita, mempertimbangkan seluruh detil dari mulai pakaian setiap karakter, dekorasi ruangan, pemilihan warna, hingga dialog yang diucapkan. Kota fiksi bernama Santa Cecilia pun seakan hidup dengan detil-detil yang dibuat oleh tim Disney-Pixar.

Okezone memberikan nilai 7,8 untuk film animasi Coco. Film ini bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Coco akan mulai tayang di Indonesia dari hari Jumat 17 November 2017.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini