Yuk, Simak 5 Fakta Menarik Tentang Film Coco

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 10 206 1812090 yuk-simak-5-fakta-menarik-tentang-film-coco-vCXyUW6GYA.jpg Coco (Foto: Independent)

JAKARTA – Tak lama lagi Disney – Pixar akan kembali merilis sebuah film animasi terbarunya. Terinspirasi dari budaya Meksiko, film ini akan bercerita tentang petualangan magis Miguel, seorang anak laki-laki berusia 12 tahun untuk mencapai cita-citanya sebagai seorang musisi.

Ada hal-hal menarik dari seputar pembuatan film berjudul Coco ini. Berikut adalah 5 hal menarik yang perlu diketahui sebelum menyaksikan Coco pada bulan November mendatang:

1. Coco adalah nama panggilan Miguel

Nuansa keluarga Meksiko akan sangat lekat dengan film Coco. Meski nama aslinya adalah Miguel, Coco tetap menjadi judul dari film ini. Nama Coco sendiri sebenarnya berasal dari nenek buyut Miguel.

2. Menampilkan dua dunia berbeda

Menggunakan latar belakang Meksiko, Coco akan menampilkan dua dunia yang berbeda, yakni Land of the Living dan Land of the Dead. Miguel dan keluarganya berasal dari Santa Cecilia, kota fiksi menawan yang berada di Land of Living. Namun, momen ajaib yang dirasakan oleh Coco seperti dalam trailer akhirnya mengantar dirinya ke Land of the Dead, atau yang juga dikenal sebagai Dia de los Muertos.

 

3. Tradisi Dia de Muertos

Coco merupakan film yang sangat kental dengan budaya Meksiko dan mengangkat tradisi Dia de Muertos untuk menghormati dan mengenang kembali memori-memori dari anggota keluarga yang telah berpulang. Pada sebagaian besar waktu di film ini, dua dunia yang telah disebutkan tadi merupakan dua dunia berbeda yang terpisah namun berjalan dengan harmonis dan berdampingan. Pada satu hari di setiap tahunnya, kedua dunia tersebut bersatu secara magis yang digambarkan sebagai reuni keluarga besar antara dunia yang kita ketahui dan dunia kematian, dunia penuh warna, musik, dan kebahagiaan.

4. Pembuatan film Coco dimulai dari 2011

Sama halnya seperti Moana, film Coco pun menyita waktu yang tak sedikit dalam proses pembuatannya. Disney dan Pixar memulai proses produksi pada tahun 2011 dengan melakukan berbagai kunjungan penelitian ke Meksiko. Untuk film ini, Pixar Animation Studio turut berkolaborasi dengan tim konsultan budaya untuk menghidupkan cerita, mempertimbangkan seluruh detil mulai dari pakaian karakter, dekorasi, pemilihan warna, hingga dialog. Filmmakers yang terlibat juga turut mengunjungi museum, pasar, plaza, gereja, hingga kuburan di Meksiko yang menjadi inspirasi untuk menciptakan kota fiksi Santa Cecilia secara akurat.

5. Menghadirkan Film Pendek Olaf’s Frozen Adventure Sebelum Penayangan Coco

Para pencinta Disney tentunya masih ingat dengan film Frozen yang meledak di tahun 2013. Sebelum Coco ditayangkan, Disney dan Pixar telah menyiapkan sebuah kado indah berupa film pendek berjudul Olaf’s Frozen Adventure. Film pendek berdurasi 21 menit tersebut akan menceritakan petualangan dalam mencari tradisi keluarga dan menyambut kembalinya karakter-karakter favorit penonton dari film Frozen.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini