Share

Pendarahan Pita Suara, Shakira Batalkan Semua Konser di Eropa

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Kamis 16 November 2017 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 16 33 1815288 pendarahan-pita-suara-shakira-batalkan-semua-konser-di-eropa-GjK9yBZosH.jpg Shakira (Foto: Billboard)

LOS ANGELES โ€“ Luka yang dialami penyanyi dan penari Shakira rupanya jauh lebih parah dari yang terduga. Bahkan, ia memutuskan untuk membatalkan seluruh sisa konser yang seharusnya ia lakukan di sisa 2017 ini.

Baca Juga: Tak Kunjung Sembuh, Shakira Kembali Tunda Beberapa Konsernya

Pengumuman itu disebarkannya sendiri melalui postingan panjang di Instagram. Kekasih pesepakbola Gerard Pique itu sekaligus mengungkap bahwa ia menderita pendarahan di pita suara bagian kanannya. Jika mengikuti permohonan maaf Shakira di laman itu, maka masalah itu dimulai sejak ia latihan vokal setidaknya lima bulan yang lalu.

โ€œAkhir Juli aku cek rutin sebelum merancang tur ini, dan dokterku memastikan pita suaraku dalam kondisi prima. Tapi menuju akhir Oktober, saat latihan di rumah, aku merasa ada kasar di tenggorokan yang menghalangi nyanyianku. Setelah diperiksa, dokter menemukan pendarahan di pita suara kananku,โ€ tulis Shakira.

โ€œLalu, aku istirahat vokal sesuai rekomendasi para spesialis agar bisa sembuh saat pertunjukan pertamaku di Cologne. Tapi sayangnya pendarahan itu tak kunjung sembuh dan mimpi burukku berlanjut. Aku kesulitan untuk pulih sepenuhnya. Aku sedih karena tidak bisa bernyanyi bulan ini, untuk semua yang telah berjuang mendapat tiket dan menemaniku di seantero Eropa,โ€ lanjutnya.

Ini berarti, Shakira undur diri dari seluruh rangkaian El Dorado World Tour yang akan ia gelar di Eropa. Setidaknya ada 17 panggung yang ia batalkan mulai dari 8 November 2017 di Cologne, Jerman hingga 4 Desember 2017 di Esch-sur-Alzette, Luksemburg. Padahal, ia sama sekali belum membuka tur tersebut. Tak pelak lagi ia menuliskan permohonan maaf untuk kru dan fans yang sudah bekerja selama ini untuk mempersiapkan tur itu.

โ€œAku belum pernah mengalami ini. Maka dengan berat hati, aku harus mengumumkan, aku wajib menunda tur Eropa hingga 2018, agar bisa istirahat dan fokus untuk penyembuhan,โ€ tulis Shakira.

Baca Juga: Lewat Lagu Me Enamore, Shakira Cerita Masa Pacaran dengan Gerard Pique

Sebelumnya, ia sudah membatalkan empat konser mulai dari Cologne hingga Amsterdam, Belanda pada 14 November 2017. Melihat situasi ini, kolom komentar ungkapan pelantun Hips Donโ€™t Lie itu dipenuhi doa agar ia cepat sembuh.

โ€œ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ plz get well soon,โ€ tulis @darceybm1942.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini