nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LIVE DAHSYAT: "Seribu Malaikat" Kawal Kirab Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Rabu 08 November 2017 09:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 08 598 1810385 live-dahsyat-seribu-malaikat-kawal-kirab-kahiyang-ayu-dan-bobby-nasution-ZoaD338asG.jpg Kirab Kencana (Foto: Instagram)

 

JAKARTA - Acara kirab pengantin yang baru saja dilakukan calon pasutri Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution dinilai sangat luar biasa, bahkan bagi para pemuka budaya sekalipun. Seluruh filosofi pernikahan dalam adat Jawa dinilai ada dalam acara yang baru saja selesai dilakukan.

(Baca Juga: Didi Kempot Sebut Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bak Bhinneka Tunggal Ika)

(Baca Juga: Kocak! Salah Tulis Hari, Raisa Minta Maaf ke Netizen)

Pemuka budaya yang akrab disapa Eyang Kakung atau Yangkung itu bahkan menyebut representasi budaya yang lengkap ini bisa jadi pertama kalinya di dunia. Di panggung Dahsyat RCTI, ia sedikit menjabarkan filosofi mengenai kirab tersebut kepada host Denny Cagur, Ayu Dewi, dan Dede Sunandar.

“Ini yang dilakukan para Agung (keluarga raja) dulu. Ini kan keluarga istimewa, jadi mengandung filosofi yang luar biasa. Selama perjalanan pasti ada ritual khusus. Enggak cuma diikuti manusia, ada para dewa dewi juga,” ungkap Yangkung.

“Biasanya untuk perayaan ini ada 1000 malaikat yang turut mengiringi. Kita enggak perlu lihat, tapi mereka tetap menjaga agar proses ini tetap lancar,” lanjutnya.

Baik Kahiyang maupun Bobby sudah tiba di tempat acara pernikahan mereka di gedung Graha Saba Buwana, Solo. Keduanya datang secara terpisah, dan saat Bobby sendiri di dalam kereta kuda, Kahiyang ditemani pasangan kakaknya, Gibran dan Selvi beserta putra mereka, Jan Ethes. Kereta yang ditempati Kahiyang terlihat jauh lebih mewah dibandingkan Bobby, dengan banyaknya dekorasi seperti mahkota dan patung burung emas di atasnya. Ketika melewati kerumuman relawan, baik Kahiyang maupun Bobby terus menebar salam hangat.

“Kereta kencana itu seperti pribadi manusia. Yang di dalam itu intinya dari calon mempelai, yaitu kalbu. Kusir itu pikirannya, dan kuda itu jiwanya. Kereta kencana (Kahiyang) lebih terlihat feminin dibandingkan yang tadi (Bobby), mungkin harapannya agar benar-benar seperti itu,” ucap Yangkung.

Ketika turun, Kahiyang dan Bobby mengenakan pakaian yang serasi yaitu beskap dan kebaya hitam-emas dengan motif batik Sidomukti. Yangkung menilai pakaian itu juga punya makna yang dalam yaitu energi gelap dan mistis dari manusia yang belum bisa mudah ditebak.

(Baca Juga: Serius Pacari Pria Iran, Cita Citata Akui Sudah Saling Kenal Keluarga)

(Baca Juga: Masuk Majalah Playboy Manila, Nikita Mirzani Ditawari Miliaran Rupiah)

Yangkung pun takjub melihat seluruh properti yang digunakan dalam acara pernikahan tersebut. Ia menilai, representasi budaya tersebut sangat sulit ditemukan pada kini.

“Ini filosofis sekali, semoga benar-benar seperti itu hakikatnya. Dan kayaknya baru kali ini ada di Indonesia, perayaan budaya dari yang sudah lama terungkap,” tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini