nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Strategi Sukses Jay-Z Jual Tiket Konser Murah

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 16:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 07 205 1809956 intip-strategi-sukses-jay-z-jual-tiket-konser-murah-Hto8DQdyzu.jpg Jay-Z (Foto: Reuters)

LOS ANGELES – Jay-Z sedang menjalani turnya kurang dari seminggu terakhir ini. Meski baru dalam hitungan hari, tur ini sudah menjadi tur dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang kariernya sebagai seorang penyanyi solo.

- Baca Juga: Chris Brown Siap Rilis Album Berisi 45 Buah Lagu, Berikut Bocorannya

Suami dari Beyonce ini telah menemukan strategi jitu bagaimana membuat konsernya menjadi laris manis. Ia menjual tiket tur bertajuk 4:44 nya dengan sangat murah, yakni USD25 atau setara dengan Rp337 ribu.

Berbeda dengan para penyanyi besar lainnya yang menjual tiket VIP dan tempat duduk nyaman dengan harga selangit, Jay-Z justru tidak melakukan hal tersebut. Ia memilih harga terjangkau agar penonton yang datang tetap membludak sehingga ia tetap bisa menarik keuntungan dari setiap konsernya.

Dengan menaikkan harga untuk tempat duduk terbaik, promotor konser sebenarnya menyisakan sedikit ruang bagi para calo tiket untuk masuk dan menghancurkan harga pasar (sebuah masalah terkenal yang masih menghantui industri konser dan setiap orang dari mulai Adele hingga Bruce Springsteen sedang berusaha memperbaikinya dengan cara masing-masing).

Calo tiket biasanya akan tetap menjaga ketersediaan tiket dan akan menjualnya dengan harga lebih tinggi menjelang konser atau bahkan kadang-kadang jauh di bawah harga normal.

“Anda menghasilkan begitu banyak pendapatan di depan, tapi Anda masih memiliki 25 dollar yang membuatnya menjadi lebih terjangkau bagi individu yang ingin melihat pertunjukan di arena,” ucap Patrick Ryan, pakar ahli penjualan tiket, seperti dikutip Billboard, Selasa (7/11/2017).

Strategi seperti ini sangat cocok untuk para musisi. Dengan hanya menghasilkan sedikit uang dari proses pembuatan lagu belakangan ini, uang dari tiket konser akan menjadi sesuatu yang lebih berharga.

- Baca Juga: Nih, Syarat Rihanna untuk Chris Brown Jika Ingin "Balikan"

Dan Jay-Z, seorang musisi yang sudah memiliki kekayaan senilai USD810 juta dari bisnisnya, mengerti dengan sangat baik apa yang harus dilakukan.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini