Dituntut 6 Bulan Penjara, Pihak Axel Matthew Thomas Ajukan Pledoi

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 33 1802275 dituntut-6-bulan-penjara-pihak-axel-matthew-thomas-ajukan-pledoi-kWClBSKRVt.jpg Jeremy Thomas (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Dituntut 6 bulan hukuman penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU), pihak Axel Matthew Thomas mengajukan pembelaan atau pledoi terkait tuntutan tersebut. Sebagai ayah, Jeremy Thomas membeberkan fakta-fakta persidangan yang bisa membela anaknya.

- Baca Juga: Berbagi Tugas, Istri Tak Dampingi Jeremy Thomas di Sidang Tuntutan Axel

Terdapat 3 hal yang dianggap suami Ina Thomas tersebut bisa meringankan hukuman anaknya, yakni tidak ada barang bukti psikotropika, urin dan darah yang negatif.

"Ya kalau pledoi itu kan pembelaan, karena yang paling penting 3 hal tadi, tidak ada barang bukti, psikotropika enggak ada, urin dan darah negatif. Tapi yang seperti saya bilang kita hargai proses hukum," ujar Jeremy saat ditemui di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (25/10/2017).

Kuasa hukumnya, Nurhadi pun menambakan kalau pledoi yang akan diajukan tadi adalah versi dari pihak Axel Matthew Thomas untuk memberikan masukkan kepada majelis hakim dengan.

"Yang jelas pledoi yang sudah disampaikan mas Jeremy tadi, masalah barang bukti, Axel kan enggak pernah menerima. Pledoi itu kan versi kita untuk kepentingan terdakwa untuk bisa memberikan masukkan kepada majelis hakim," papar Nurhadi.

Kendati demikian, Jeremy Thomas tetap menghargai proses hukum dan tugas masing-masing dari semua pihak. Menganggap dirinya sebagai bagian dari keluarga korban, ia telah berusaha yang terbaik pula.

"Begini saya rasa masing-masing pihak sudah menjalankan tugasnya. Kami pun sebagai keluarga dari korban tentu sudah menjalankan upaya yang terbaik. Kami akan menghargai proses hukum, kami percaya bahwa masing pihak sudah menjalanka fungsi dan tugasnya," tutup Jeremy.

Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 60 ayat (5) jo Pasal 69 UU RI Nomor 5 Tahun 1997, tentang Psikotropika, Axel dituntut 6 bulan penjara dan denda Rp20 juta.

- Baca Juga: Dituntut 6 Bulan Penjara, Axel Matthew Thomas Lempar "Tanda Cinta"

Diberitakan sebelumnya, Axel ditangkap oleh petugas Satresnarkoba Polresta Bandara Soekarno Hatta pada 15 Juli 2017 di salah satu hotel di Jakarta Selatan. Dari hasil pemeriksaan, polisi berhasil mengantongi bukti transfer uang senilai Rp1,5 juta dari rekening Axel untuk pembelian happy five.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini