Dinyatakan Bersalah Terkait Kasus Narkoba, Axel Matthew Thomas Dituntut 6 Bulan Penjara

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 33 1802198 dinyatakan-bersalah-terkait-kasus-narkoba-axel-matthew-thomas-dituntut-6-bulan-penjara-jnP6rgYCl3.jpg Axel Matthew (foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

TANGERANG - Sidang pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) terhadap terdakwa Axel Matthew Thomas digelar Rabu (25/10/2017) di Pengadilan Negeri Tangerang. Pada agenda kali ini, anak dari Jeremy Thomas tersebut akan mendengarkan tuntutan hukuman dari JPU.

Jaksa penuntut umum (JPU) pun menyatakan bahwa Axel Matthew Thomas dianggap telah terbukti bersalah secara sah karena melakukan percobaan atau perbantuan tindak pidana psikotropika seperti yang ditetapkan pasal 14 ayat (3), pasal 14 ayat (4).

(Baca Juga: Asisten Produser Harvey Weinstein: Dia Menindihku di Atas Ranjang)

Oleh sebab itu, sebagaimana diatur dalam pasal 60 ayat (5) jo pasal 69 UU RI Nor 5 tahun 1997 tentang psikotropika, JPU menuntut Axel dengan 6 bulan tahanan dan denda sebesar Rp20 juta.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka kami berpendapat bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pidana 'Percobaan atau Perbantuan untuk melakukan tindak pidana Psikotropika. Menerima penyerahan psikotropika selain yang ditetapkan dalam Pasal 14 ayat (3), Pasal 14 ayat (4).'

(Baca Juga: Waduh! Wajah Raffi Ahmad Terluka, Kenapa Ya?)

Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 60 ayat (5) jo Pasal 69 UU RI Nomor 5 Tahun 1997, tentang Psikotropika.

"Menyatakan terdakwa Axel Matthew Thomas anak dari Jeremy Thomas, bersalah melakukan tindak pidana ''Percobaan atau Perbantuan untuk melakukan tindak pidana Psikotropika. Menerima penyerahan psikotropika selain yang ditetapkan dalam Pasal 14 ayat (3), Pasal 14 ayat (4)'. Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 60 ayat (5) jo Pasal 69 UU RI Nomor 5 Tahun 1997, tentang Psikotropika," ucap jaksa penuntut umum.

(Baca Juga: Kenang Masa Tahanan di Mataram, Aa Gatot Cerita Pernah Jadi Wali Proses Bule Mualaf)

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Axel Matthew Thomas anak dari Jeremy Thomas, dengan lama 6 bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah terdakwa tetap ditahan dan denda sebesar Rp, 20.000.000 subsider 1 bulan kurungan," tambahnya.

Usai mendengarkan tuntutan dari jaksa penuntut umum, kuasa hukum Axel Matthew Thomas memutuskan untuk mengajukan pledoi atau pembelaan yang rencananya akan digelar pada Senin (25/10/2017) di Pengadilan Negeri Tangerang.

(Baca Juga: Bantu Kasus Nikita Mirzani, Uus Tak Peduli Namanya Tercemar!)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini