Bjork Ngaku Jadi Korban Pelecehan Sutradara Denmark

Lidya Hidayati, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 16 33 1796348 bjork-ngaku-jadi-korban-pelecehan-sutradara-denmark-bRNSoUnOvE.jpg Bjork (Foto: Gigslutz)

LOS ANGELES – Terungkapnya skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh Harvey Weinstein membuat banyak pihak mulai berani bicara tentang pengalaman serupa yang mereka alami. Aktris sekaligus penyanyi Bjork adalah salah satunya.

(Baca Juga: Jika Diundang, Jenita Janet Siap Sumbang Lagu di Pesta Pernikahan Anak Presiden Jokowi)

(Baca Juga: Hiiii... Seram, Kecantikan Jessica Mila Bikin Makhluk Astral Jatuh Hati)

Penyanyi berdarah Islandia itu mengungkap pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh seorang sutradara Denmark. Pengalaman tak menyenangkan Bjork itu terjadi ketika ia terlibat dalam penggarapan film sutradara Denmark tersebut.

“Aku terinspirasi oleh wanita-wanita di berbagai tempat yang bicara lewat media online, untuk memberitahu tentang pengalamanku dengan seorang sutradara Denmark. Karena aku datang dari sebuah negara yang merupakan salah satu tempat di dunia yang mengakui persamaan gender dan di saat bersamaan, aku datang dari posisi yang kuat di dunia musik dengan kemandirian yang kuat,” tulis Bjork di awal pengakuannya yang ia tulis di Facebook, Minggu 15 Oktober 2017.

Bintang Dancer in the Dark tersebut menulis, “Sangat jelas bagiku ketika aku masuk ke profesi aktris bahwa penghinaan dan peranku sebagai seseorang yang dilecehkan secara seksual adalah norma dan ditetapkan oleh sutradara dan puluhan staf yang mengizinkan dan mendorongnya.”

Dalam cerita panjangnya, Bjork tak menjelaskan pelecehan seksual seperti apa yang ia terima. Penyanyi kelahiran 21 November 1965 itu hanya mengatakan jika sang sutradara menghukumnya ketika ia menolak menuruti permintaan sang sutradara.

“Ketika aku menolak sutradara berkali-kali, dia merajuk dan menghukumku dan membuat sebuah sebuah jaring ilusi mengesankan untuk timnya dimana aku diperlihatkan seperti seseorang yang sulit. Karena kekuatanku, timku yang hebat, dan karena aku tidak akan rugi, tidak punya ambisi di dunia akting, aku melangkah pergi dari dunia ini dan menyembuhkan diri selama bertahun-tahun,” jelas Bjork.

(Baca: Juga: Kabar Bahagia! Joe Jonas dan Sophie Turner Resmi Bertunangan)

(Baca Juga: Mobil Mewah Raffi Ahmad Sempat Hilang dari Rumah, Ternyata Pelakunya...)

Bjork melanjutkan, “Sutradara itu sangat sadar dengan permainan ini dan aku yakin soal itu. Film yang dia buat setelah itu didasarkan pada pengalamannya denganku. Karena aku adalah yang pertama menolaknya dan tidak membiarkannya mendapatkan apa yang diinginkannya.”

Di bagian akhir ceritanya, Bjork mengajaka orang-orang di seluruh dunia untuk menghentikan tindak pelecehan seperti ini. “Mari hentikan ini. Ada gelombang perubahan di dunia ini,” pungkas Bjork.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini