Share

Gara-Gara Virtual Reality, Gina Kim Raih Penghargaan di Venice Film Festival

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 12 33 1774402 gara-gara-virtual-reality-gina-kim-raih-penghargaan-di-venice-film-festival-RlKU87Mtte.jpg Gina Kim. (Foto: Koreaherald)

VENICE - Sutradara film asal Korea Selatan, Gina Kim meraih penghargaan pada kategori Virtual Reality (VR) Story terbaik di ajang Venice Film Festival ke-74 yang berlangsung di Italia. Film yang membuat Kim meraih penghargaan berjudul Bloodless.

Film Bloodless berdurasi singkat hanya 12 menit saja. Film ini menceritakan saat-saat terakhir kehidupan seorang pekerja seks yang diambil dari kasus pembunuhan brutal tentara Amerika Serikat (AS) terhadap pekerja bar Korea di basis militer AS, di Dongducheon pada 1992.

BACA JUGA: Cantiknya Angelina Jolie Bersama 6 Anaknya saat Saksikan 'First They Killed My Father', Nih Penampakannya!

"Saat membuat film ini, saya fokus pada media baru, VR. Dengan media baru tersebut memungkinkan orang yang melihatnya bisa langsung merasakan sakit orang lain," kata Kim dalam kata sambutannnya saat menerima penghargaan.

Lebih lanjut John Landis, sutradara sekaligus ketua dewan juri kategori VR, mengatakan, "film Bloodless merupakan sebuah mahakarya yang memungkinkan penontonnya dapat merasakan langsung kehidupan sosial dan memperluas pemahaman mengenai film VR,"

Film tersebut diproduksi oleh Crayon Film dan didanai oleh Dankook University Graduate School of Cinematic Content, Venta VR dan University of California, Los Angeles, di mana saat ini Kim adalah seorang profesor.

BACA JUGA: Ikut Peduli, 6 Selebriti Ini Sumbangkan Kekayaannya untuk Korban Badai di AS

Seperti dilansir dari Koreaherald, Bloodless akan diputar di National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul pada hari-hari tertentu.

Sementara itu VR terbaik diraih oleh Eugene YK Chung dengan judul Arden’s Wake. Tak cuma meraih penghargaan, film tersebut juga mendapat pujian dari Tribeca Film Festival. Film animasi ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang tinggal bersama ayahnya di  di sebuah mercusuar. Menariknya durasi tayang Arden’s Wake tidak lebih dari 16 menit.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini