Image

Dinilai Juri Tak Bersalah, Jaksa Makin Ngotot Tuding Yoochun Perkosa Pengunjung Club

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 06 September 2017, 15:18 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 06 33 1770462 dinilai juri tak bersalah jaksa makin ngotot tuding yoochun perkosa pengunjung club WoP4uY8uzW.jpg Park Yoochun (Foto: Allkpop)

SEOUL - Pada awal 2017, personel JYJ, Park Yoochun, dinyatakan tidak bersalah oleh juri pengadilan atas tuduhan kekerasan seksual pada 2016. Salah seorang penggugat adalah seorang perempuan bernama Song.

(Baca Juga: Lepas Wamil, Park Yoo-chun Akan Gunakan Waktu untuk Merenung Diri)

(Baca Juga: Tertekan dengan Sorot Publik, Akankah Hwang Hana dan Park Yoochun 'JYJ' Batal Nikah?)

Namun karena tidak puas, jaksa penuntut umum mengajukan banding. Sidang pertama banding digelar pada Selasa 5 September 2017 dengan agenda mendengarkan keterangan jaksa atas alasan pengajuan banding.

“Meskipun pada pengadilan awal seluruh juri sepakat untuk memutuskan ‘tidak bersalah’, namun bukan berarti di kasus ini tidak ada unsur pemerkosaan yang terjadi di kamar mandi yang kecil. Apa yang terjadi saat itu adalah bahwa (Park Yoochun) tidak memberikan (Song) nomornya setelah berhubungan seksual. Jadi dia (Song) menuduhnya telah melakukan pemerkosaan,” demikian isi dokumen banding, seperti dikutip dari Soompi.

Jaksa penuntut menambahkan, ada kemungkinan juri salah dalam memutuskan perkara ini. Pasalnya, mustahil untuk mengetahui apakah hampir 1.300 halaman berisi bukti-bukti kejadian benar-benar diperiksa seluruhnya oleh para juri. Bisa saja pernyataan Yoochun membuat juri bingung dan salah pengertian.

“Kami percaya mengapa pada akhirnya para juri memutus ‘tidak bersalah’. Dengan ini, kami meminta agar sidang menghadirkan orang dekat Song untuk dijadikan saksi,” tambah jaksa.

Namun hakim memutuskan menolak permintaan jaksa itu dengan alasan bahwa persoalan ini sudah diselesaikan di persidangan awal.

(Baca Juga: Rencana Gelar Pernikahan Diam-Diam Bocor, Park Yoochun Minta Maaf)

(Baca Juga: Yoochun Ubah Tanggal Pernikahan, Agensi Ogah Berkomentar)

Sementara itu, pengacara Song, Lee Eun Ui, tampaknya sudah menerima keputusan ini. Ia mengatakan, “Di persidangan awal sebenarnya sudah ada pemeriksaan bukti yang menyeluruh. Hal ini dipertegas dengan keterangan para saksi dan pernyataan dari Yoochun sendiri. Namun meski keputusan juri sudah bulat menyatakan Yoochun tidak bersalah, tapi jaksa penuntut tetap pada keyakinannya bahwa terdakwa bersalah. Mohon dipertimbangkan untuk kelangsungan hidup terdakwa.”

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini