nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barasuara hingga Payung Teduh "Lahirkan" Kolaborasi Album Cadas

Revi C. Rantung, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 06 205 1770282 barasuara-hingga-payung-teduh-lahirkan-kolaborasi-album-cadas-0K1I4ubzaL.jpg Para Pengisi Project Urban X (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA - Enam kolabarasi dari 12 band grup band indie ternama menghasilkan karya album terbaru. Setelah sebelumnya band-band indie tersebut telah menjalankan roadshow ke 14 kota besar di Indonesia. Projek kolaborasi tersebut diusung oleh 'UrbanGigs X Unrealesed Project 2017'.

- Baca Juga: Bassist Band Mocca Jajal Garap Musik Electro

12 band yang hadir dalam kolaborasi itu adalah Elephant Kind X Rock N Roll Mafia, Barasuara X Scaller, Kelompok Penerbang Roket X Kimokal, The Brandals X Agrikulture, Silampukau X The Hydrant, dan Mocca X Payung Teduh. Dari 12 band itu menghasilkan beberapa hasil karya lagu terbaru.

David Tarigan selaku music director dalam projek tersebut, mengaku bahwa dirinya terlebih dahulu memilih band-band siapa saja yang akan cocok berkolaborasi. Ini pun akan menjadi kolaborasi antar genre.

"Kita ramai-ramai pilih siapa yang bakal diajak kolaborasi. Secara kolektif pemilihannya. Kita juga mempertimbangkan banyak hal selain genre, tapi juga hubungan antarband," tutur David Tarigan saat dijumpai kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).

"Secara teknis dan proses kreatif, ini seperti perkawinan. Kita berharap mereka menghasilkan anak yang mewarisi karya dan tumbuh dengan nilai yang sudah diyakini," sambungnya.

Seperti contoh pada kolaborasi Mocca dan Payung Teduh. Dalam kolabarasi ini, sang vokalis, Ariana mengaku bahwa baik karakter Mocca dan Payung Teduh sama-sama cocok. Alhasil, untuk pengerjaan mulai dari aransemen lagu berjalan lancar. Lagu yang berjudul Menunggu Untuk Bertemu jadi hasil kolaborasinya.

"Semua terjadi berjalan lancar karena selain karakter orangnya cocok, pas main musik komunikasinya gampang, bikin lagu aransemen dan lain-lain cepat banget. Cuma kenal ketemu di backstage, tapi enggak pernah ngobrol intim. Jadi pas ini baru bener-bener kenal satu sama lain," tambah Ariana.

Sementara itu, salah seorang personel Payung Teduh yakni Aziz Kariko menambahkan bahwa menurutnya menjadi suatu kebanggaan dapat berkolaborasi dengan band yamg telah berdiri selama 18 tahun itu. Tak hanya itu, Payung Teduh juga menyebut bahwa Mocca merupakan band panutannya.

- Baca Juga: Rutin Pakai Batik, Iga 'Barasuara' dari Iseng Jadi Bangga

"Untungnya kami juga memuja Mocca. Jadi kehormatan bisa kolaborasi sama Mocca kita dengerin dan belajar lagunya Mocca," tutup Aziz Kariko.

Berikut daftar lagu Urban Gigs X Unreleased Project Volume 1 :

1. Rock N Roll Mafia X Elephant Kind - Thrill Pills

2. Rock N Roll Mafia X Elephant Kind - US Vs featuring Ramengrvl

3. Silampukau X The Hydrant - Sangkala

4. Silampukau X The Hydrant - Aku dan Si Bung

5. The Brandals X Agrikulture - Clases Society

6. The Brandals X Agrikulture - Lepaskan dan Lupakan

7. Mocca X Payung Teduh - Menunggu Untuk Bertemu

8. Barasuara X Scaller - Barat

9. Barasuara X Scaller - Commune

10. Kelompok Penerbang Roket X Kimokal - We Are The People

11. Kelompok Penerbang Roket X Kimokal - Kolaborasi

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini