Winnie The Pooh Dicekal di China, Kenapa?

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 18 206 1738750 winnie-the-pooh-dicekal-di-china-kenapa-8cQG9dDbiW.jpg Winnie The Pooh (Foto: MTV)

BEIJING – Penggemar di China kini tak akan lagi bisa menonton kelucuan kartun Winnie The Pooh. Pasalnya, karakter beruang yang identik dengan kaos merahnya itu baru saja dicekal di Negeri Tirai Bambu. Kenapa?

Dikutip USA Today dari Financial Times, Winnie The Pooh dicekal karena kartun legendaris ini dibanding-bandingkan dengan Presiden Xi Jinping. Meski alasan pastinya belum jelas, tapi hal ini diyakini disebabkan oleh ramainya perbandingan antara karakter animasi yang tak memakai celana tersebut dengan sang Presiden yang tersebar online.

Menyusul dilarangnya Winnie The Pooh di China, nama karakter tersebut pun kena sensor di portal Weibo yang berfungsi seperti Twitter di negara-negara lain. Tak hanya itu, gift Pooh di WeChat pun kini dihilangkan.

Sejatinya, ini bukanlah pertama kalinya Xi Jinping dibanding-bandingkan dengan Pooh. Sejak 2013 lalu, ramai beredar meme Xi Jinping dan Pooh. Netizen melihat ada kemiripan antara Xi Jinping dengan Pooh yang berperut buncit.

Tak hanya karena perut yang sama-sama buncit, banyak pose atau foto-foto lain Xi Jinping yang dijadikan meme dan disandingkan dengan Pooh. Di 2015, foto Xi Jinping saat berdiri di mobil kepresiden dibandingkan dengan gambar Pooh yang sedang naik mobil.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini