5 Film Tentang Ruang Angkasa yang Wajib Kamu Tonton (Bagian 1)

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 30 206 1726137 5-film-tentang-ruang-angkasa-yang-wajib-kamu-tonton-bagian-1-S6M7FyLAqq.jpg Cuplikan film Interstellar (Foto: Europa SF)

LOS ANGELES – Dengan kemudahan teknologinya, film Hollywood bisa selangkah di depan dalam penggarapan film yang mengangkat tema tentang ruang angkasa. Ada begitu banyak film sci-fi yang bisa dijadikan referensi jika Anda sedang bosan menonton film dengan genre drama, komedi, horror, atau laga.

Film-film ini tentang ruang angkasa pertama kali dirilis pada tahun 1902 dengan judul A Trip to the Moon yang diciptakan oleh sutradara asal Prancis, Georges Melies. Sejak saat itu, dengan tambahan bantuan informasi dari NASA, Hollywood semakin bersemangat membuat film tentang dunia luar. Mereka juga secara tidak langsung mengangkat derajat profesi astronot sebagai salah satu pekerjaan paling keren, intens, berbahaya, dan sulit.

Berikut ini adalah daftar 5 film ruang angkasa yang wajib kamu tonton dilansir dari CheatSheet:

1. Interstellar

Tak pernah ada yang meragukan kualitas film karya seorang Christopher Nolan. Meski terlihat rumit, film-filmnya memiliki kualitas tinggi dan selalu mengaggumkan untuk dinikmati. Salah satunya adalah Interstellar yang bercerita tentang mantan astornot yang dipanggil kembali untuk menjalankan misi menemukan sebuah planet baru untuk kehidupan manusia.

Interstellar resmi dirilis pada tahun 2014. Peran mantan astronot bernama Cooper ini diberikan kepada Mathhew McConaughey. Pilihan yang dianggap sangat tepat mengingat kualitas aktingnya begitu teruji dalam film ini.

Dalam sebuah wawancara di Comic Con, Nolan mengatakan bahwa dirinya sangat terinspirasi membuat film tentang ruang angkasa setelah menonton Star Wars. Ia adalah salah satu penggemar film bergenre science fiction dan bercita-cita membuat film dengan tema tersebut.

“Saya selalu menjadi seorang penggemar berat dari science fiction. Saya tumbuh dengan takjub melihat science fiction Star Wars di tahun 2001. Akan tetapi saya tumbuh pada saat menjadi astronot adalah sebuah ambisi tertinggi. Dan gagasan tersebut membuat kita terus mengeksplorasi ruang angkasa dan mendorongnya lebih jauh,” katanya saat itu.

Pada film ini, Nolan juga memberikan gambaran visual yang sangat indah tentang ruang angkasa. Tak heran rasanya jika Interstellar meraup pendapatan hampir mencapai USD187 juta.

2. Gravity

Pada tahun 2014, film bencana luar angkasa Alfonso Cuaron berhasil menyapu bersih penghargaan Oscars dengan membawa pulang tujuh piala dan membuat Cuaron menjadi warga negara Meksiko pertama yang memenangkan kategori Sutradara Terbaik. Sandra Bullock masuk nominasi namun gagal menjadi yang terbaik meski penampilannya sebagai seorang engineer pintar tak bisa menyelamatkan seorang kru.

Tak bisa dipungkiri sinematografi film ini sangat luar biasa. Mereka berhasil memberikan gambaran betapa membingungkannya berada di luar angkasa tanpa adanya gravitasi dan beberapa titik referensi spasial yang terasa. Keunggulan lainnya adalah pengangkatan tokoh utama perempuan bernama Ryan Stone yang diperankan oleh Sandra Bullock. Pasalnya, jarang sekali Hollywood mengangkat tokoh utama heroic seorang perempuan pada saat itu sehingga pekerjaan Bullock mendapat apresiasi tinggi setelah film Gravity.

3. Apollo 13

Di tahun 2005, Hollywood juga pernah membuat sebuah film tentang ruang angkasa dan para astronot yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Apollo 13 adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata tentang pendaratan ketiga NASA di Bulan pada tahun 1970.

NASA sangat kooperatif dalam pengerjaan film ini. Mereka memberikan bantuan teknis kepad para aktor mencakup pelatihan astronot dan penerbangan serta izin untuk membuat film di pesawat yang telah dikurangi gravitasinya.

Dalam film tersebut kita melihat Tom Hanks mengucapkan kalimat “Houston, we have a problem” yang merupakan kata-kata yang memang diucapkan saat pendaratan tersebut menemui kegagalan.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini