Tampil di Glastonbury, Netizen Malah Cibir Ed Sheeran. Ada Apa?

Revi C. Rantung, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 27 205 1725121 tampil-di-glastonbury-netizen-malah-cibir-ed-sheeran-ada-apa-GhV0ECsDIf.jpg Ed Sheeran. (Foto: Hollywood Reporter)

LONDON – Bintang pop Ed Sheeran, menutup perhelatan Glastonbury Festival 2017 dengan penampilan apiknya pada 25 Juni 2017, di Somerset, Inggris. Mengutip BBC, musisi 26 tahun itu, mengaku sangat gugup sekaligus bersemangat bisa tampil di Glastonbury. Bisa dimaklumi, mengingat ini merupakan penampilan ketiga Sheeran di Glastonbury, setelah memulai debutnya di festival itu sekitar tahun 2011.

Meski dinilai apik, namun penampilan lelaki 26 tahun itu ramai kritikan penggemar yang menuduhnya tak tampil live. Banyak netizen yang mempertanyakan kenapa Sheeran mampu menyuguhkan musik apik layaknya sebuah band, meski ia tampil solo di atas panggung.

“Ayolah Ed Sheeran, di mana live bandnya? Backing track!” klaim @cjjio.

Sedangkan pemilik akun @Philstips menuliskan, “Apakah Ed Sheeran benar-benar tampil di Glastonbury tadi malam? Tentu dia bernyanyi (cukup baik) di atas backing tape. Namun apakah dia tampil bermain gitar? Tidak.

Gerah dengan tuduhan netizen, pelantun Shape of You itupun akhirnya buka suara melalui akun Twitter pribadinya, pada Senin (26/6/2017). Dalam keterangannya, Sheeran membantah, tuduhan yang mengatakan dia menggunakan backing track (musik latar). Sheeran menjelaskan, rahasia penampilannya adalah loop station.

“Tak pernah terpikirkan, saya harus menjelaskan hal ini. Namun setiap pertunjukan saya adalah live. Rahasia saya adalah loop station, bukan backing track. Tolong cari tahu tentang itu di Google,” tulisnya.     

Sheeran diketahui menggunakan efek pedal looper alias loop station sejak 3 tahun silam. Alat ini bekerja dengan cara merekam nada dari alat musik ataupun vokal sang penyanyi. Untuk mengeluarkan bunyi yang diinginkan, musisi hanya perlu menginjak pedal pada alat berbentuk kotak tersebut.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini