Image

Fantastis, Lukisan Jean Michel Basquiat Terjual dengan Harga Rp1,47 T

Lidya Hidayati, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 12:31 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 05 20 33 1695827 fantastis lukisan jean michel basquiat terjual dengan harga rp1 47 t gduOqfDwqS.jpg Lukisan Jean Michel Basquit berjudul Untitled dan pembelinya, Yusaku Maezawa (Foto: Instagram)

LOS ANGELES - Pelukis Jean Michel Basquiat mencatatkan diri sebagai pelukis Amerika dengan lukisan termahal. Raihan prestasi pribadi itu didapat Basquiat setelah sebuah lukisannya terjual seharga UAS110.5 juta (sekira Rp1,47 triliun).

I am happy to announce that I just won this masterpiece. When I first encountered this painting, I was struck with so much excitement and gratitude for my love of art. I want to share that experience with as many people as possible.  バスキア落札しました。アートを好きになってよかった。このペインティングをはじめて見た時、心からそう思いました。みなさんにも見てもらえる機会を作れたらいいなと思っています。  #jeanmichelbasquiat #basquiat #バスキア #ありがとう @sothebys

A post shared by Yusaku Maezawa (@yusaku2020) on May 18, 2017 at 5:33pm PDT


Salah satu lukisan Basquiat yang berjudul "Untitled" terjual dalam sebuah acara amal belum lama ini. Kolektor asal Jepang, Yusaku Maezawa berhasil menjadi pemilik terbaru "Untitled" dan berniat untuk meminjamkannya ke berbagai pameran lukisan di seluruh dunia sebelum menyimpannya di museum miliknya di daerah Chiba.

"Kuharap ini bisa memberikan banyak kesenangan, kebahagiaan kepada orang lain seperti yang kurasakan, dan bahwa masterpiece buatan Basquiat saat masih 21 tahun menginspirasi generasi muda kita," tutur Maezawa dilansir CNN, Sabtu (20/5/2017).

Harga jual "Untitled" sekarang jauh lebih tinggi dibanding penjualan sebelumnya. Sekitar 30 tahun lalu, "Untitled" sempat terjual dan menjadi milik pribadi saat seseorang membelinya dengan harga USD19 ribu (sekira Rp253 juta) pada 1984 silam.

Penjualan "Untitled" ini sekaligus memecahkan beberapa rekor. Tak hanya menjadikan Basquiat sebagai pelukis Amerika dengan lukisan termahal, namun "Untitled" juga mematahkan rekor lukisan termahal Andi Warhol, "Silver Car Crash" yang terjual USD105 juta 2013 silam. "Untitled" juga menjadi lukisan pertama yang dibuat setelah tahun 1980 yang berhasil terjual dengan harga di atas USD100 juta.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini