nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Kesalahan Kontroversial Pembacaan Nama Pemenang di Ajang Penghargaan

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 28 206 1630253 2-fenomena-salah-baca-yang-terjadi-di-panggung-dunia-x7X1wQsrGg.jpg Oscar 2017

LOS ANGELES – Kejadian memalukan memang sering terjadi di atas panggung, namun tidak biasanya dilakukan oleh pembawa acara yang dianggap punya kemampuan public speaking yang mumpuni. Namun, layaknya manusia biasa, mereka dapat juga melakukan kesalahan yang memalukan bahkan di depan panggung paling prestisius sedunia. Dalam tiga tahun terakhir, hal tersebut bahkan sudah terjadi dua kali.

Oscar 2017

Sebuah kejadian memalukan baru saja terjadi di panggung Oscar, Senin 27 Februari 2017. La La Land gagal menjadi pemenang kategori Best Picture dan harus memberikan gelar itu kepada Moonlight di tengah-tengah pidato kemenangannya.

Ketika itu, produser La La Land, Jordan Horowitz menerima kartu nomine, dirinya langsung mengumumkan jika terjadi kesalahan, bukan La La Land yang menang tapi Moonlight. Kesalahan itu terjadi karena pembaca pemenang, Warren Beatty dan Faye Dunaway, mendapat kartu yang salah ketika naik ke panggung bergengsi itu.

Kontan, seluruh dunia dibuat gempar. Selain itu, pembawa acara Miss Universe 2015, Steve Harvey, bisa lega bukan hanya dirinya yang pernah melakukan blunder itu.

Miss Universe 2015

Kasus lainnya yang masih terekam dan paling mencengangkan tentunya ketika kesalahan tersebut dimulai oleh Steve Harvey sendiri di acara Miss Universe 2015. Kejadian ini bahkan lebih parah dibandingkan di Oscar.

Bagaimana tidak, Miss Kolombia, yang seharusnya menjadi runner-up, sudah mengenakan tiara dan memberikan pidato kemenangan setelah beberapa lama tanpa sadar. Steve kemudian menyerobot dengan wajah yang tegang dan dingin, dan memberikan kemenangan itu kepada Miss Filipina.

Atas kejadian tersebut, Steve diharapkan meminta maaf secara pribadi kepada seluruh penonton dan Miss Kolombia, yang bersama Miss Filipina kembali mengungkit hal tersebut di ajang Miss Universe 2016. Ketika kejadian di Oscar terungkap, Steve bahkan memuji produser acara Oscar yang tidak bertindak keras terhadap Warren dan Jimmy Kimmel, dibandingkan perlakuan yang didapatnya ketika masalah di Miss Universe terjadi.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini