Misi Dira Sugandi & Sri Hanuraga Trio Naikan Kelas Lagu Daerah

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Rabu 23 November 2016 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 23 205 1548699 misi-dira-sugandi-sri-hanuraga-trio-naikan-kelas-lagu-daerah-4SmxBnmYf1.jpg Dira Sugandi dan Sri Hanuraga Trio (Foto: Rima/Okezone)

JAKARTA - Kreativitas musisi Tanah Air tak melulu menciptakan lagu-lagu baru, ada juga yang masih mengemas ulang lagu lama. Seperti yang dilakukan oleh Sri Hanuraga Trio yang menggandeng Dira Sugandi dalam membawa lagu kebangsaan dan daerah versi kekinian.

Grup yang digawangi Sri Hanuraga atau biasa disapa Aga (piano) mengusung genre utama jazz untuk album perdana mereka bertajuk "INDONESIA - Volume 1". Proyek dirinya bersama Kevin (bass), Zulham (bass) dan Dira (vokal) berawal saat mereka mengisi sebuah acara festival musik jazz di Frankurt, Jerman.

"Awalnya proyek kita ini Agustus 2015, saya dan Dira diminta pak Goenawan Mohamad (delegasi sastra Indonesia) tampil di Summer Festival dan minta kita bawain lagu Indonesia dan tradisional secara modern. Sambutannya bagus. Saya sama Dira ngerasa sayang banget disiain, kenapa enggak direkam," jelas Aga di Shoemaker Studio, Cikini, Jakarta Pusat.

Mengemas ulang kesebelas lagu tersebut cukup membuat Aga sebagai dalangnya mengaku sempat mengalami kesulitan. Pasalnya ia harus mengubah irama asli menjadi kekinian.

"Pertama kali (sulitnya) karena sound beda banget sama lagu barat zaman sekarang. Temuin vibe baru. Kedua, bagaimana melodi yang simple itu ketemu dengan harmoni barat," tambahnya.

Proyek album "INDONESIA - Volume 1" ini tak akan berhenti sampai sini saja. Mereka berencana akan mengeksplor lagu daerah dan kebangsaan lainnya.

"Ya kita memang rencana tidak berakhir sampai di sini Kenapa judulnya 'INDONESIA - Volume 1'. (Karena) kita akan bikin album lagi volume 2 (dan) 3, karena banyak lagu tradisional bagus. Ini banyak (Indonesia) Barat mungkin next dari Tengah dan Timur," tutup Aga.

Album "INDONESIA - Volume 1" ini terdiri dari 11 buah lagu dengan menggaet musisi internasional seperti Kinga Prus, Pail Rutschka, Andris Buikis, Magnus Lindgren dan Rega Dauna dari Indonesia. Di antaranya yaitu Kicir-Kicir, Bunga Jeumpa, Tanah Airku, Manuk Dadali, Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Pusaka, Bengawan Solo, Bubuy Bulan, Kampung nan Jauh di Mato, Cublak-Cublak Suweng dan Sik Sik Sibatumanikam.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini