Nova Eliza Kesulitan Berdialog dengan Logat Jawa

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2016 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 15 206 1438328 nova-eliza-kesulitan-berdialog-dengan-logat-jawa-KrbYuqXZ24.jpg Nova Eliza (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nova Eliza melakoni peran sebagai ibunda Kartini bernama Ngasirah, saat masih muda pada film layar lebar biopik perdananya berjudul Kartini. Nova mengaku mendapat cukup kesulitan melakoni tokoh ini, terutama dalam hal bahasa.

Hal tersebut mengingat Nova Eliza merupakan wanita kelahiran Aceh. Sehingga aktris berusia 36 tahun ini mengaku sedikit kesulitan berdialog dengan bahasa Jawa. Dan logat Jawa dan Aceh cukup berbeda jauh.

"Bahasa. Saya Aceh harus berdialog Jawa, dimana bahasa jawa ketika denger artinya ini tau, ketika berbicara sulit logatnya. Aceh sama Jawa sangat beda sekali bahasanya," papar Nova saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis 14 Juli 2016.

Nova Eliza berlatih bahasa Jawa sejak bulan Ramadan sampai saat ini. Ia juga mengaku kesulitan karena bahasa Jawa terkenal dengan lemah lembut dan kesopanannya. Tanpa disengaja hal itu terbawa dalam kesehariannya.

"Jawa sangat terkenal dengan kelembutan dan kesopanan. Aku orangnya kepribadiannya loncat sana dan sini. Bagus banget dapat karakter yang lembut. Jadi kesehariannya mengikuti lembut gitu," ucapnya.

Namun ia cukup antusias mempelajari bahasa Jawa dengan bantuan pelatih khusus. Agar terbiasa berdialog bahasa Jawa, Nova mencoba membiasakan bercakap menggunakan bahasa Jawa dengan temannya.

"Ada seninya juga pelajari bahasa jawa. Ada coach directornya, diajarin bahasa Jawa tanpa harus medok Jawa. Memerankan orang Jawa, ini dikombain ada basic bahasa Jawanya. Itu terus aku pelajarin dan ngomong sama temen temen jawa biar natural," ujarnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini