Beban Nova Eliza Perankan Ibu dari Kartini

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2016 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 15 206 1438322 beban-nova-eliza-perankan-ibu-dari-kartini-8o028BRElQ.jpg Nova Eliza (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nova Eliza berperan menjadi ibunda Kartini bernama Ngasirah saat muda pada film garapan sutradara Hanung Bramantyo berjudul Kartini. Ia tak menampik jika peran ini cukup membuatnya terbebani.

Hal tersebut karena Nova tidak mengetahui pasti sosok Ngasirah seperti apa. Tidak ingin berekspektasi terlalu tinggi, Nova memainkan tokoh Ngasirah sesuai dengan arahan sutradara dan penulis skenario.

"Aku rasa bebannya gini, kita gak pernah tau karakter asli Ngasirah. Kita enggak pernah tau, aku hanya berharap ekspektasinya tidak terlampau tinggi. Jadi aku berusaha sebagai Ngasirah muda sesuai dengan porsinya," papar Nova saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis 14 Juli 2016.

Wanita kelahiran Aceh ini juga melakukan sedikit observasi guna mendalami peran Ngasirah. Mengingat Christine Hakim berperan sebagai Ngasirah saat tua pada film berjudul sama, ia berdiskusi untuk melakoni peran agar tidak terjadi perbedaan peran.

"Aku lebih banyak ngobrol sama Hanung dan research dari internet. Diskusi sama ibu Christine. Enggak mungkin beda Ngasirah tua dan muda," ujarnya.

Nova Eliza juga dituntut untuk berdialog bahasa Jawa halus pada film yang dibintangi oleh Dian Sastro dan akan tayang pada April 2017 ini. Tak hanya itu, Nova juga harus mampu bersenandung lagu Jawa dalam beberapa scene film naungan Legacy Pictures.

"Sebelum kita latihan reading udah dikasih lagunya dan semua full Jawa. Sampai sekarang aku belum bisa. Lagu senandung Jawa. Pokoknya iramanya pelan dan full javanesse bahasa Hawa. Senandung ini dinyanyikan saat mau nidurin Kartini kecil," tandasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini