Kartini di Film Hanung Sosok Cerewet dan Lincah

Mellizya Pita Nurianda, Jurnalis · Kamis 23 April 2015 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 23 206 1138638 kartini-di-film-hanung-sosok-cerewet-dan-lincah-O6ifDRP8gz.jpg Hanung (Foto: Okezone)
JAKARTA - Hanung Bramantyo kembali menggebrak industri perfilman Tanah Air dengan menggarap sebuah film biopik berjudul Kartini.

Menurut dia, film Kartini garapannya berbeda dengan film sebelumnya dengan judul yang sama yang sempat digarap Sjuman Djaya.

"Sudut pandang itu penting, karena Kartini adalah perempuan ABG. Meski dia Jawa bukan berarti dia lembut, halus, sosok yang digambarkan saat Orde Baru (Orba). Dia ini seorang yang di agungkan tapi buat saya, bukan itu yang akan saya tuangkan dalam film ini. Saya lebih mengambil sosok dia yang lincah, cerewet, meluap-luap, dan kalau kata orang Jawa, trinil ya karena kelincahannya itu, dan itu juga yang tidak ada dalam film terdahulu," kata Hanung saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta.

Meski berbeda, Hanung tidak bisa memastikan akan keluar dari sejarah yang selama ini sudah membumi di telinga masyarakat.

"Ini adalah pertanyaan menjebak. Film tuh bukan matematika dengan harus berapa persen. Dan bahwa apa yang harus disadari dari sejarah adalah tafsir. Sejarah itu adalah tafsir," lanjut dia.

Rencananya syuting film Kartini akan dilaksanakan bulan Desember mendatang. Namun, ia belum bisa menebak siapa saja yang akan bermain di dalam film ini.

"Mulai syuting sekira Desember dan dilaksanakan selama 30 hari atau dua kali lipatnya, untuk pemain, yang pasti baru Dian Sastrowardoyo, tapi untuk siapa saja, saya belum bisa menebak karena kita masih bahas skenario," tutup Hanung.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini