Share

Keunikan Film Dibanding Bidang Kreatif Lain

Prabowo, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2015 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 13 206 1231414 keunikan-film-dibanding-bidang-kreatif-lain-Cww6xnEdos.jpg Ilustrasi film (Foto: ist)

YOGYAKARTA - Tak berlebihan jika ada anggapan film menjadi salah satu bahasa kemanusiaan yang paling dinamis. Pandangan itu mengambarkan ada kekuatan dalam film yang selalu berkembang mengikuti zaman.

"Ada keunikan dalam film yang tidak mengalami artikulasi ganda seperti sistem bahasa verbal," kata Staf Pengajar Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Sunardi, dalam diskusi Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2015 di Ruang Ki Hadjar Dewantara Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Teknologi komunikasi, kata dia, membuka kesempatan bagi siapapun untuk membuat film. Namun, ada aturan universal yang jelas dalam membuat film sehingga tidak semua video bisa disebut film.

"Aspek universal itu yang kini justru begitu menonjol, kalau kita bicara tentang film," jelasnya dalam diskusi yang mengambil tema 'Menelaah Wacana Lokal Dalam Perfilman Nasional'.

Film dalam industri kreatif, menurut dia, saat ini masuk satu diantara belasan bidang dalam industri kreatif. Suka atau tidak, bidang industri kreatif sekarang merupakan salah satu bidang industri yang menghubungkan antara dunia ekonomi dan dunia budaya serta seni.

"Dua bidang yang secara tradisional sering dipisahkan bahkan dipertentangkan. Walaupun ada kritik di sana sini, industri kreatif sedikit banyak telah banyak menopang sejumlah bidang seni secara ekonomis," katanya.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini