Sang Ratu Film Horor Legendaris Itu Telah Tiada

Rosa Anggreati, Jurnalis · Kamis 16 Oktober 2008 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2008 10 16 33 154571 Gh7oSjRu90.jpg Suzanna (Foto:dok.Hai)

JAKARTA - Berkat film horor, nama Suzanna dikenal masyarakat Indonesia. Wanita yang membintangi 42 judul film itu kehilangan nyawa karena kalah melawan diabetes.

Lantaran membintangi puluhan film horor, Suzanna yang terlahir dengan nama Suzanna Martha Frederika van Osch itu dijuluki 'Ratu Horor'. Bahkan, sebelum kematian menjemput, Suzanna membintangi film horor terakhir, Hantu Ambulance (2008).

Suzanna lahir di Bogor, 14 Oktober 1942. Debut akting Suzanna dimulai pada tahun 1950, di film The Long March. Di film itu usia Suzanna baru delapan tahun.

Beranjak remaja, wanita berdarah Belanda ini ditawari film-film panas yang memang merajai industri film Tanah Air di masa itu.

Bernafas Dalam Lumpur (1970) menjadi salah satu judul film Suzanna yang hot dan membuat namanya makin melambung. Di film itu, wanita yang katanya hobi makan bunga melati ini menjadi seorang pelacur.

Gadis muda berjulukan 'The Next Indriati Iskak' ini berhasil memukau penonton lewat Asrama Dara dan meraih banyak penghargaan, di antaranya The Best Child Actress (Festival Film Asia, Tokyo, 1960), dan Golden Harvest Award

Bungsu dari lima bersaudara yang berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Di jagad perfilman Tanah Air, Suzanna melalui film Ratu Ilmu Hitam (1981) menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik. Film Pulau Cinta (1978) juga membawa Suzanna menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Suzanna berhenti bermain film di awal 1990-an. Namun, bukan berarti dia tidak lagi eksis. Pada 2003, di usia yang menginjak 61 tahun, Suzanna berbinar lagi di sinetron Selma dan Ular Siluman yang ditayangkan Indosiar.

Di kehidupan pribadinya, Suzanna yang selalu berdandan ala Jawa dengan konde dan untaian bunga melati itu pernah menikah dengan aktor Dicky Suprapto.

Sayang, pernikahan yang sudah dikaruniai satu anak bernama Kiki Maria itu berakhir cerai. Dicky lalu menikah dengan Rachmawati Soekarnoputri dan Suzanna menikah lagi dengan aktor Clift Sangra.

Pernikahan itu sempat mengundang bisik-bisik orang karena pria bernama lengkap Clift Andre Natalia itu masih sangat 'hijau'. Umurnya selisih lebih dari 20 tahun dengan Suzanna. Mereka dipertemukan dalam film Sangkuriang (1982). Dari pernikahan tersebut, Suzanna tak melahirkan anak. Mereka memiliki seorang anak angkat, Rama Yohanes.

Sebelum wafat pada Rabu (15/10/2008), pukul 23.15 WIB, Suzanna sempat membintangi film horor, Hantu Ambulance. Tampaknya, Ratu Horor yang melegenda itu ingin menjadikan film tersebut sebagai tanda mata terakhir darinya.

Suzanna menutup mata di Magelang, Jawa Tengah. Saat menutup mata, wanita yang tetap ayu di usia tua itu ditemani suami dan sanak famili.

Selamat jalan Suzanna. Semoga nyenyak dalam tidur panjangmu dan Tuhan menerimamu di sisi-Nya.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini