Share

Atta Halilintar Hadirkan Superhero dengan Kearifan Lokal dalam Film Ashiap Man

Nurul Amanah, Okezone · Kamis 17 November 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 206 2709363 atta-halilintar-hadirkan-superhero-dengan-kearifan-lokal-dalam-film-ashiap-man-15LtafLao1.jpg Atta Halilintar (Foto: Instagram)

JAKARTA - Atta Halilintar tampil sebagai pemeran utama sekaligus sutradara dalam film berjudul Ashiap Man. Film yang sudah diproduksi sejak 2020 lalu tersebut, kini sudah bisa disaksikan mulai hari ini, Kamis (17/11/2022) di platform Prime Video.

Dalam film tersebut, suami Aurel Hermansyah ini memerankan dua tokoh sekaligus. Ia diketahui berperan sebagai Zul yang juga merupakan superhero bernama Ashiap Man.

Berbeda dengan film superhero pada umumnya, Ashiap Man dimunculkan berbeda dari Batman, spiderman, hingga Gundala. Ashiap Man sendiri dikisahkan sebagai superhero dengan kearifan lokal, yang memiliki jiwa kepedulian tinggi terhadap permasalahan yang terjadi di kampungnya.

"Kalau ide awalnya (diperkirakan) mau bikin superhero yang canggih gitu ya, mungkin orang liat Superman, Batman, ini nggak sama sekali kayak gitu. Jadi kita gak tau juga orang berekspektasi seperti itu," ujar Atta saat dijumpai di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

"Makanya sebenarnya kan ini poster kedua, poster pertamanya adalah dia pakai celana batik, bajunya kaos, sayapnya itu dari kain pecel lele ibunya," sambungnya.

Atta Halilintar

Jika biasanya superhero dikisahkan memiliki kekuatan super dan mampu menyelamatkan nyawa manusia, Ashiap Man dihadirkan sebagai sosok superhero yang berbeda. Ashiap Man bertugas untuk membantu permasalahan di kampung, salah satunya mengantisipasi banjir karena kali yang meluap.

Melalui filmnya, Atta ingin menyampaikan pesan bahwa menjadi superhero tak hanya dilakukan oleh orang dengan kekuatan super. Hal sederhana yang dilakukan tapi berdampak bagi banyak orang pun bisa dikatakan wujud dari perilaku seorang superhero.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Sebenarnya kita pengen ngasih tau kalau superhero itu bukan cuma kamu punya kekuatan super tapi dengan kamu bersihin kali samping rumah kamu, got rumah kamu, itu kamu bisa jadi superhero karena kamu bisa mengantisipasi banjir, pesannya kayak gitu sih," paparnya.

Atta mengatakan bahwa film garapannya ini memang mengangkat permasalahan yang terjadi di masyarakat. Terutama soal pola pikir untuk menghadapi permasalahan tersebut.

"Karena film ini kita mau bikin se-merakyat mungkin kan, ngeliat ada orang punya persepsi 'gimana kalau kita tiba-tiba digusur'. Karena kan ini ada kampung dari dulu nggak hilang di tengah-tengah gedung tinggi," bebernya.

"Gimana mereka menyikapinya. Gimana mereka harus mempertahankan hak-hak mereka. Ini memang permasalahan umum di masyarakat," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini