Share

5 Film tentang Hacker yang Wajib Ditonton

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Rabu 21 September 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 206 2672090 5-film-tentang-hacker-yang-wajib-ditonton-M9hGjUpt5d.jpg Film berrtema hacker (Foto: Ist)

JAKARTA - Film yang memiliki cerita tentang peretasan memang selalu menarik untuk ditonton. Di antara film-film tersebut ternyata ada yang diangkat dari kisah nyata. Berikut beberapa film tentang kebocoran data hingga peretasan.

1. Die Hard 4.0: Live Free or Die Hard

Die Hard 4.0

Film Live Free or Die Hard merupakan sekuel keempat dari series Die Hard. Rilis pada tahun 2007, film garapan Len Wiseman ini menggaet aktor Bruce Willis, Justin Long, dan Timothy Olyphant. Live Free or Die Hard menjadi film terlaris dan tertinggi dibandingkan seri Die Hard lainnya.

Film ini bercerita tentang peretas muda yang ingin menjatuhkan master cyber-terrorist. Para peretas melancarkan aksinya pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat dengan melakukan pemadaman komputer singkat di Biro Investigasi Federal (FBI). Peretas yang dikepalai oleh Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) berhasil menghancurkan pasar saham hingga melumpuhkan ekonomi Amerika.

Tidak disangka, Matthew Farrell (Justin Long), salah satu peretas yang tidak sengaja membantu penjahat dalam mengatur sistem McClane (Bruce Willis), berusaha untuk menemukan Gabriel. Namun nyawa Farrell terancam dari orang suruhan Gabriel. Untung saja McClane berhasil datang tepat waktu.

Kemudian dalam perjalanannya McClane dan Farrell bekerja sama untuk memecahkan masalah yang terjadi. Farrell juga mengaku telah menulis algoritma untuk mengetahui kegagalan dan peretas sistem. McClane dan Farrell mulai melawan tim Gabriel yang saat itu posisinya sangat mengancam stabilitas AS.

2. Fabricated City

Fabricated City

Fabricated City merupakan film perdana Ji Chang-Wook. Film yang disutradarai oleh Park Kwang-Hyun tayang pada tahun 2017 dengan durasi 126 menit. Kwon Yoo (Ji Chang-Wook) adalah seorang penjaga warnet sekaligus gamer. Pada bagian awal, Kwon Yoo tiba-tiba mendapat telepon dari seorang wanita yang meminta dirinya untuk mengembalikan barang yang tertinggal di warnet.

Kemudian saat sampai di apartemen, Kwon Yoo tidak sadarkan diri dan langsung ditangkap oleh polisi. Penangkapannya itu didasar tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan. Kwon Yoo dijebak oleh orang tidak dikenal dan dirinya dipenjara. Saat dipenjara Kwon Yoo mendapat kabar jika ibunya telah bunuh diri.

Dibantu dengan teman-temannya, Kwon Yoo akhirnya berhasil keluar dari penjara. Kemudian Kwon Yoo menyusun strategi untuk mengumpulkan bukti-bukti bahwa dirinya tidak salah. Yeo Wool meretas untuk mendapatkan bukti-bukti bahwa Kwon Yoo tidak bersalah. Film ini menyajikan bagian action yang cukup memukau. Aksi Kwon Yoo menjadi lebih keren dalam menyelesaikan permasalahannya.

3. The Fifth Estate

The Fifth Estate

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Bill Condon. The Fifth Estate diadaptasi dari kisah nyata Julian Assange, founder website pengungkap dokumen rahasia bernama WikiLeaks. Mulanya, jurnalis Daniel Domscheit-Berg (Daniel Bruhl) menghadiri kongres yang diadakan oleh Chaos Computer Club di Berlin, Jerman.

Daniel bertemu dengan aktivis kebebasan berinternet, Julian Assange (Benedict Cumberbatch). Mereka kemudian mendirikan organisasi nonprofit bernama WikiLeaks. Melalui organisasi tersebut, Daniel dan Assange membuka ruang untuk orang-orang yang memiliki informasi soal dokumen rahasia milik pemerintah.

Julius Baer, seorang petinggi perusahaan keuangan asal Swiss, menjadi target pertama WikiLeaks karena diduga terlibat dalam praktik pencucian uang. Terjadilah pembelaan oleh Julius Baer hingga kasus dibawa ke meja hijau. Akhirnya WikiLeaks berhasil memenangkan kasus ini. Kemudian, mereka juga berhasil mengungkap kebenaran baru lainnya.

4. Snowden

Snowden

Snowden menceritakan kisah perjuangan Edward Snowden (Joseph Gordon-Levitt) yang dianggap sebagai pahlawan sekaligus penghianat. Snowden adalah seorang prajurit yang beralih profesi menjadi ahli komputer CIA dan NSA. Kemudian tidak disangka, ia membocorkan rahasia kedua badan intelijen tersebut kepada media ternama di Amerika Serikat.

Snowden mengetahui bahwa mereka menyediakan data waktu nyata yang membantu pilot drone Amerika Serikat dalam meluncurkan serangan mematikan kepada para tersangka teror di Pakistan. Kemudian informasi tersebut disebarluaskan kepada pers dibantu oleh jurnalis Ewen MacAskill (Tom Wilkinson). Snowden juga berhasil mengungkap beberapa kebenaran yang sebenarnya terjadi di NSA dan CIA. Film berdurasi 2 jam 14 menit ini tayang pada tahun 2016 dan dibintangi oleh aktor serta aktris terkenal yakni Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, dan Zachary Quinto.

5. Blackhat

Blackhat

Blackhat adalah film yang diproduseri oleh Thomas Tull dan tayang pada tahun 2015. Aktor yang membintangi film ini antara lain Chris Hemsworth, Tang Wei, Viola Davis, Holt McCallany, dan Wang Leehom. Meski mendapat rating dan jumlah penonton yang kecil, film ini memiliki alur yang seru. Indonesia sempat disebutkan dalam film ini.

Kasus peretasan komputer tingkat tinggi menyebabkan meledaknya sebuah pabrik nuklir di Hong Kong dan kekacauan bursa jual beli di Chicago. Kemudian pasukan militer Amerika Serikat dan Tiongkok bekerja sama untuk menghentikannya. Pasukan militer Tiongkok memerintahkan Chen Dawai (Wang Leehom) yakni seorang perwira dari unit Cyberwar dan dibantu oleh adik perempuannya, Lien (Tang Wei).

Dawai pergi ke Los Angeles untuk bertemu dengan FBI yang menangani kasus ini. Dirinya menjelaskan pada pihak FBI bahwa alat yang digunakan oleh peretas merupakan hasil karyanya bersama teman satu kampusnya, Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth) di MIT. Banyak hal yang harus dilewati Dawai dan Hathaway setelah mengungkapkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini