Share

Alami Mastitis, Ria Ricis Bersyukur Payudaranya Tak Sampai Bernanah

Vania Ika Aldida, Okezone · Rabu 14 September 2022 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 33 2667405 alami-mastitis-ria-ricis-bersyukur-payudaranya-tak-sampai-bernanah-12HlXqDzys.jpg Ria Ricis (Foto: Instagram)

HAMPIR semua ibu yang baru memilih untuk memberikan ASI pada buah hatinya, pernah mengalami mastitis. Hal itu juga sempat dialami oleh artis Ria Ricis.

Dikutip dari Siloam Hospitals, mastitis umumnya terjadi karena adanya sumbatan pada saluran air susu ibu oleh ASI yang menggumpal (clogged milk duct) dan disertai bakteri yang masuk ke dalam jaringan payudara ibu melalui puting susu. Kejadian tersebut tentunya membuat seorang ibu merasa tak nyaman sehingga bisa mengganggu proses pemberian ASI.

Beruntung, istri dari Teuku Ryan ini tak sampai dioperasi lantaran mengalami mastitis. Ia justru mengaku bisa sembuh dengan melakukan pijat dan minum obat.

"Iya mastitis. Tapi kata dokter belum parah banget," ungkap Ria Ricis dikutip dari akun YouTube Intens Investigasi, Rabu (14/9/2022).

"Masih bisa diobati dengan pijat dan obat antibiotik," tuturnya. 

Ria Ricis dan Teuku Ryan

Kini, Ricis diketahui telah sembuh dari mastitis. Ia bahkan menyebut jika payudaranya tak sampai mengeluarkan nanah lantaran mengalami mastitis.

"Alhamdulillah kemarin semingguan masih bisa (menyusui). Tapi nggak yang sampai bernanah, nggak Alhamdulillah," ungkapnya.

Adik kandung Oki Setiana Dewi ini menyadari bahwa mastitis yang ia alami terjadi lantaran ulahnya sendiri. Pasalnya, ia kerap telat mengeluarkan ASI, sehingga payudaranya membengkak dan tersumbat.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kini, setelah mengetahui rasa sakit akibat mastitis, Ricis mulai lebih sering untuk memompa ASI hingga sengaja menyalakan alarm. Ia bahkan menyebut bahwa alarm tanda dirinya harus memompa ASI bunyi setiap dua jam sekali.

"(Mastitis) Karena aku telat nyusuin dan telat mompa. Jadi dia numpuk, bengkak sehingga salurannya agak tersumbat. Sehingga bengkak di badan. Jadi memang harus dipijat," jelasnya.

"Sekarang dua jam sekali. Aduh kadang kalau alarm bunyi mau skip, tapi takut bengkak, sakit, nggak bisa urus anak sama suami," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini