Share

Terungkap Alasan Hanung Bramantyo Batal Bikin Film Munir

Sukainah Hijarani, Okezone · Rabu 07 September 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 206 2662977 terungkap-alasan-hanung-bramantyo-batal-bikin-film-munir-ZOysVyOgDd.jpg Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca (Foto: IG Zaskia)

JAKARTA - Sutradara Hanung Bramantyo menceritakan terkait dirinya ditawarkan membuat film mengenai pejuang Hak Asasi Manusia (HAM), Munir Said Thalib yang kematiannya sampai saat ini masih jadi misteri.

“Tanggal 7 September 2014, lelaki pejuang HAM ini dibunuh. Sampai hari ini datangnya tidak tertangkap. Pernah suatu hari saya diminta membuat filmnya,” tulis Hanung Bramantyo, dalam keterangan foto Instagram pribadinya @hanungbramatyo, Rabu (7/9/2022).

Hanung Bramantyo menyatakan dirinya tanpa ragu langsung bersedia. Namun seketika ia pun ditelpon dengan orang yang tidak dikenal diminta untuk bertemu.

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca

“Saya menyatakan bersedia. Paginya saya ditelpon orang tak dikenal yang dengan sopan meminta saya untuk berjumpa,” kata Hanung Bramantyo.

“Katanya ngefans sama saya gak enak. Mulai saat itu, saya memutuskan untuk mengurungkan niat membuat film tentang Munir daripada nasib saya, seperti sang Brigadir,” tambahnya.

Penulis skenario asal Indonesia itu pun mengungkapkan sampai hari ini kematian Munir Said Thalib, aktivis kemanusiaan, salah satu pendiri Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan) masih jadi misteri.

“Pelakunya sudah tertangkap, tapi datangnya masih bebas. Siapa dia? yang jelas orang kuat. Mungkin Aswatama,” ujar Hanung Bramantyo.

Kemudian Hanung juga menyinggung tragedi Duren Tiga yang melibatkan aparat.

“Melihat tragedi Duren Tiga, saya jadi paham kalau keadilan sulit ditegakkan jika menyentuh aparat,” tandas Hanung Bramantyo.

Hanung berharap keadilan segera tiba. Agar keluarga yang ditinggalkan bisa tenang.

“Buat Cak Munir, saya titipan doa. Semoga keadilan segera tiba buat sampean. Agar keluarga yang ditinggalkan tenang. Alfatehah,” tutur Hanung Bramantyo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini